bahasa baru

Posted on 03/08/2008

11


aku bukan ahli bahasa, tapi di akhir pekan ini tiba-tiba teringat kawan yang pernah punya ide untuk membuat suatu bahasa baru. selama ini aku jarang mendengar penciptaan bahasa baru. paling-paling pernah ada penciptaan bahasa baru pada waktu tenar-tenarnya filem startrek, setahuku itu namanya bahasa klingon, spesies alien yang akrab dengan spesies human.

bahasa lain yang selalu diciptakan dan mengalami perkembangan pesat adalah bahasa-bahasa di dunia perkomputeran misalnya bahasa program. menurutku itu lebih berupa kode, bukan bahasa verbal. ada juga bahasa verbal yang tercipta dari pergaulan, namun itu lebih merupakan modifikasi bahasa yang sudah ada misalnya bahasa para homo pinggir jalan yang dibuat dengan menambah awalan atau akhiran tertentu di setiap kata yang diucapkan, dan bahasa gaul jogja yang dibuat dengan mengalih urutkan abjad (mis: dagadu=matamu). di luar negeri pun, di negara maju dan tidak maju ada juga hal serupa. namun itu semua setahuku belum pernah ada yang menyamai penciptaan bahasa klingon.

nah…

soal modif-memodif, dulu ada seorang kawanku bernama pipin yang cantik. dia mempunyai ide untuk memodifikasi bahasa menjadi sebuah bahasa baru. misalnya bahasa inggris gaya indonesia/jawa. caranya begini:

basisnya pada bahasa inggris, pengucapannya berdasarkan pada tulisan versi english, namun diucapkan dengan gaya indonesia atau jawa. sedangkan penulisannya sesuai/berdasarkan pengucapan indonesia/jawa itu.

misalnya:

  • ucapan: come here, tulisan: kam hie
  • ucapan: how are you, tulisan: ho a yu
  • ucapan: I am fine, tulisan: ai em fain

dan seterusnya.

bingung kan? tapi lucu juga… tiba-tiba di akhir pekan ini aku pun tertawa-tawa sendiri… hua ha ha…

Posted in: Aeng-aeng