PR dan TR, kenapa pada ribut ya?

Posted on 06/08/2008

15


Dalam beberapa hari blogwalking saya menemukan banyak site yang membahas masalah PageRank (PR) dan TrafficRank (TR). Sejujurnya -entah sikap saya benar atau salah- saya tidak begitu peduli dengan PR dan TR. Itu karena saya tidak begitu tertarik untuk memasang berbagai macam iklan di blog ini. Jadi blog ini mau jadi berharga atau tidak, sudah bukan masalah lagi. Herannya, ternyata banyak juga yang sedih dan kecewa karena PR dan TR-nya melorot. Saya malah takut kalau blog ini menjadi berat, lemot, dan tidak nyaman bagi siapapun yang berkunjung.

Saya tidak sepenuhnya memahami perhitungan algoritma yang menjadi dasar perhitungan PR dan TR. Walaupun begitu, saya sempat terkejut juga karena tiba-tiba PR blog ini menjadi 2, sedangkan TR menurut Alexa -jelek banget tak kunjung turun- berada di angka sembilan juta. Hehehe… Biarin aja!… (padahal sempat juga kemarin-kemarin selama beberapa hari saya pasang banner kecil pagerank).

Yang membuat saya heran, kenapa tiba-tiba bisa mencapai PR-2 padahal blog ini baru seumur jagung, tepatnya mulai 2 Mei 2008. (Konten-konten sebelum tanggal itu adalah migrasi dari blog kembar sebelumnya yaitu andymse.blogspot.com dan andymse.wordpress.com). Blog lain yang saya buat untuk Sekolah Rakyat -hasil belajar di Bentang Alam– yang umurnya lebih pendek dari blog ini, ternyata juga mencapai PR-2. Padahal website seumur dari Aksi 100 Website di Bentang Alam lainnya kebanyakan mencapai PR-1.

Saya tidak mau terkungkung pada angka-angka itu, berapapun adanya. Yang menjadi konsentrasi saya sekarang adalah bagaimana menulis yang lebih baik, konsisten, istiqomah, dan terjaga rutinitasnya. Saya juga sangat senang melakukan blogwalking karena dengan melakukan itu saya bertambah kawan, bertambah pengetahuan karena bisa membaca dan belajar dari pengalaman orang lain.

=================

*mungkin selama beberapa hari ke depan saya libur menulis karena ada tugas ke luar kota (bener-bener luar kota, bukan ke kota lain), sehingga sangat mungkin situasi menjadi tidak memungkinkan saya untuk banyak menulis, paling mungkin ya paling-paling cuma cek email dan membalas komentar saja. ha ha ha…

Posted in: Cangkrukan