Yogya: Kelas 5=kelas ICT

Posted on 12/08/2008

7


Akhirnya aku bisa bercerita tentang acara di Yogya 7-9 Agustus 2008.

Ini adalah acaranya PATTIRO (Pusat Telaah dan Informasi Regional). Menindaklanjuti awal pelaksanaan 3 (tiga) program yang kebetulan hampir bersamaan, disepakati bahwa Lokakarya Awal Program dijadikan satu, bertempat di Kaliurang, Yogyakarta. Tempat yang cukup sejuk, nyaman, dan relatif jauh dari kebisingan kota sehingga masing-masing peserta bisa mengeksplorasi pikiran dengan nyaman.

3 (tiga) program ini diikuti oleh hampir seluruh jaringan Pattiro di berbagai daerah, selain itu diundang pula pegiat dari daerah-daerah yang tidak ikut dalam pelaksanaan program. Sehingga selain ada 3 kelas yang berkutat dengan program masing-masing ada pula kelas ke-4 yang menjadi ajang tukar pikiran membahas keorganisasian. Tercatat, semua daerah mengirimkan pegiat untuk hadir dalam acara tersebut yaitu dari Jakarta (Pattiro), Tangerang (Pattiro Tangerang), Serang (Pattiro Serang), Banten (Pattiro Banten), Pekalongan (Pattiro Pekalongan), Semarang (Pattiro Semarang), Solo (Pattiro Surakarta), Kendal (Sekolah Rakyat), Magelang (Pattiro Magelang), Gresik (Pattiro Gresik), Malang (Pattiro Malang) -semuanya di Jawa-, dan dari Jeneponto Sulawesi Selatan (Pattiro Jeka).

Malam harinya, ada kelas tambahan yaitu kelas 5 yaitu kelas ICT.

sssttt… kalau berbicara masalah ICT -information and communication technology- atau TIK -teknologi informasi dan komunikasi-, banyak orang langsung membayangkan komputer, internet, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan komputer. menurutku, maksudnya tidak sekedar itu, melainkan meliputi hal-hal yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi yang memanfaatkan teknologi. hal ini tentu saja selalu berkembang seiring dengan kemajuan jaman. mulai dari memukul kentongan dengan tanda-tanda tertentu (di jawa disebut titir), radio, sms, sampai ke internet pun termasuk dalam ICT atau TIK. kekaprahan ini sepertinya sudah menjalar kemana-mana sampai di sekolah-sekolah pun pelajaran TIK identik dengan pelajaran komputer.

Nah… kelas 5 atau kelas ICT yang ada di acara Yogya kemarin adalah arena belajar bersama bagi pegiat-pegiat yang berminat untuk mengembangkan website. Yeach… tentu saja kelas ini pun akhirnya dekat dengan komputer dan internet. Sebagai pemandu adalah Andy MSE dan Setyo DH dari Pattiro Surakarta, sedangkan peserta dari semua daerah Pattiro termasuk Jakarta, kecuali Malang dan Kendal. Sayang sekali hanya berlangsung satu sesi karena terkena pemadaman bergilir. Untuk mengobati kekecewaan, sesi selanjutnya dilakukan jarak jauh (distance learning), dengan memanfaatkan media komunikasi mailing list untuk bertukar pengalaman dan berbagi pengetahuan. Yang akan datang, sangat mungkin diarahkan untuk membangun website bersama-sama.

Yang dipelajari pada sesi satu-satunya di malam di kelas 5 itu adalah merancang website pada localhost di bawah sistem operasi Windows dengan menggunakan XAMPP (ini karena hampir semua laptop yang dibawa pegiat Pattiro menggunakan Windows). Di akhir sesi yang gagal karena mati lampu ini, telah berhasil diinstall WordPress di localhost. Selanjutnya masing-masing peserta kelas 5 dipersilahkan berkreasi sendiri mengubah tampilan websitenya, termasuk mengisi konten-konten statis.

Bagi kawan-kawan yang berminat, mohon maaf, tutorialnya sedang ditulis, nantinya dapat didownload dari blog ini atau dari Perpustakaan Pattiro. Ditunggu kabarnya sudah sejauhmana kreasimu!…