jakarta MENAKJUBKAN; metromini

Posted on 22/08/2008

20


Ketika di Jakarta, selain suka naik busway, sering juga aku naik metromini. Duh… Pokoknya benar-benar Indonesia buangetz… Jarang-jarang aku menemukan metromini yang kondisinya layak. Lebih sering naik metromini yang sangat menyebalkan. Mulai dari kondisi mobil yang sudah uzur, bangku-bangku yang sempit baik ukurannya maupun jarak antar bangku, kaca yang longgar sehingga menimbulkan suara sangat berisik, suspensi yang super keras karena untuk antisipasi penumpang yang berjubal-jubal bergelantungan, dan lain-lain. Belum lagi kalau sedang sedikit penumpang si sopir menjalankan kendaraannya dengan super pelan, lamban seperti siput. Kalau sedang banyak penumpang pun masih sering si sopir menambah-nambah penumpang lagi, atau bisa jadi malah kebut-kebutan, berkejaran, berebut penumpang dengan angkutan lain. Haiyyah… Pokoknya sangat menyebalkan.

Saking seringnya naik metromini, kepikiran juga betapa berbahayanya metromini. Bisa jadi banyak dampak negatif bagi kesehatan, debu dan polusi lain tentu sangat berbahaya bagi paru-paru, goncangan yang keras berbahaya bagi penumpang apalagi penumpang hamil, suara berisik yang luar biasa lama-lama bisa bikin kuping jadi budeg. Belum lagi gangguan psikologis karena macet, panas, berisik, dan … awas copet!…

Mungkin perlu diberi tulisan di setiap metromini seperti ini:

Nah… ini jepretan tentang Metromini; kondisi mobil yang jelek, ada pengamen yang kadang menghibur kadang tambah menyebalkan, dan sibuknya terminal Blok M.

Tiba-tiba aku teringat Yuliazmi yang sedang hamil… HINDARI METROMINI!!!… hehehe. Tiba-tiba aku teringat Jeneponto, ibukota kabupaten di Sulawesi Selatan, di Jeneponto angkutan kota-nya banyak lho yang pakai Kijang Innova… Jakarta memang menakjubkan… Mobil jelek pun masih laku dipakai untuk angkutan umum.

Posted in: Aeng-aeng