perubahan

Posted on 07/10/2008

24


Habis lebaran ini akan ada perubahan pola nge-blog saya. Tadinya just nge-blog and nge-blog saja… seterusnya masih sama.. Gaya menulis masih sama, konten dan tema juga masih kesana-kemari, hehehe…

Namun, perilaku nge-blog saya sangat mungkin berubah.

Pertama, saya pasang plugin CommentLuv yang terus diupgrade, dan saya setel sedemikian rupa yang saya perkirakan semakin ramah pada para komentator. Dengan CommentLuv, posting terkini komentator akan terlihat, tentunya bila komentator menuliskan alamat website-nya dengan benar. Ini memberi peluang pengunjung lain yang mungkin tertarik tulisan terbaru komentator akan nge-klik untuk membacanya langsung di TKP. Asyik kan??? Plugin ini dikawinkan dengan DOFOLLOW yang saya setel miminum 3 komentar. Artinya, setelah komentator berkomentar sebanyak 3 (tiga) kali akan bernilai sama dengan 1 (satu) backlink. Ini tentu saja sangat menguntungkan untuk meningkatkan trafik para komentator (saya belum mengujinya)…

Kedua, saya akan menjawab langsung setiap komentar yang masuk, dan saya akan berusaha sedapat mungkin untuk berkunjung balik. Tidak sekedar meninggalkan jejak, namun membaca tulisan yang ada dan berkomentar yang lebih bermutu daripada yang sudah-sudah. Ini tentunya akan menambah waktu walking per blog. Dengan waktu tersedia (harian) yang relatif sama, tentu saja akan mengurangi jumlah blog yang bisa saya kunjungi. Menurut saya, lebih baik sedikit tapi bermutu daripada banyak tapi cuma meninggalkan jejak tak bermutu.

Ketiga, karena kecepatan walking berkurang, saya juga akan mengurangi kecepatan menulis. Jadi, para pengunjung budiman tidak banyak kehilangan waktu untuk berkomentar bila tulisan saya belum ada apdet terbaru.

Keempat, saya akan berusaha menjadikan blog ini lebih enteng, sehingga bisa dibuka dengan lebih cepat. Beberapa link, favorit, banner, dan promosi atau dukungan, akan saya jadikan satu di page, bukan di sidebar.

Nah… untuk itu saya membutuhkan saran dari anda semua… Apa yang perlu ditambah, apa yang perlu dikurangi, apa yang menarik di blog ini, apa yang mengganggu di blog ini, dan lain sebagainya….

Please…

Tagged:
Posted in: Catatan Sela