Rumahku Diobrak-Abrik ALEXA

Posted on 19/10/2008

34


Mempelajari PR dan TR memang sangat mengasyikkan. Rasanya belum lama saya menulis (06/08/2008) tentang keterkejutan saya ketika Google Pagerank menjadi 2, dan Alexa Traffic Rank berada di angka 9juta, padahal sebulan sebelumnya GPR=1 dan ATR=16juta.

Dalam tulisan saya setelah Lebaran karena mendapat Hadiah dari Paman, saya kembali terkejut karena GPR naik menjadi 3, dan ATR naik menjadi dua juta seratus ribu lebih. Waktu itu saya mulai memasang banner Google Pagerank, sedangkan banner Alexa Traffic Rank saya tunda untuk memasangnya karena malu, angkanya masih dua jutaan (saya berjanji akn memasangnya bila sudah mencapai angka satu juta lebih sedikit. Tak dinyana, seminggu kemudian angka Alexa Traffic Rank beranjak membaik menjadi 1,4juta. Yeach, akhirnya saya pasang juga bannernya.

Angka-angka yang mengejutkan itu memotivasi saya untuk belajar Search Engine Optimization -SEO-, dan segala pernak-perniknya, teknis maupun pensiasatannya. Jujur saja, ini tidak untuk menjadikan blog ini sebagai ajang jualan, melainkan saya mempunyai keyakinan bahwa mempelajari ini akan memberi manfaat yang cukup baik. Salah satu penerapan yang saya lakukan di blog ini sudah saya tulis beberapa waktu lalu, yaitu tentang All in One SEO Pack + Google XML Sitemap, yang diikuti dengan penerapan teknik-teknik lain yang saya pelajari dari berbagai sumber di internet. Saya merasa masih banyak yang kurang, namun beberapa hal sudah cukup berhasil, diantaranya Alexa Traffic Rank kembali beranjak membaik, dalam beberapa hari berikutnya menjadi 1,1 juta dan sekarang mencapai 900ribuan. Perubahan angka-angka itu cukup mengobrak-abrik pikiran saya (dalam rangka belajar itu). Saya yakin ini ada kaitannya dengan jumlah pengunjung blog saya yang semakin banyak, juga aktivitas saya berkunjung ke rumah bloggers lain. Dari awstats di CPANEL, saya mengetahui data-data statistik yang mengalami perkembangan seperti gambar berikut ini:

Perkembangan traffic juga tidak lepas dari usaha-usaha mengoptimalkan “maindomain” yang sebelumnya mandeg untuk beberapa lama. Seperti diketahui, angka-angka Alexa Traffic Rank sangat berkaitan antara main domain dan subdomain-subdomain di bawahnya. Tidak dipungkiri, selama ini dapat dikatakan AndyMSE[dot]SoloRaya[dot}Net bekerja sendirian untuk memperoleh perbaikan angka-angka traffic dan page rank. Bagaimanapun juga perkembangan pesat angka-angka itu tidak cukup menggoda saya untuk pasang iklan, atau mengejar traffic yang lebih tinggi. Saya juga tidak berminat menggelembungkan jumlah pengunjung hingga mencapai ratusan bahkan ribuan per hari, karena saya khawatir pengunjung yang terlalu banyak tidak lagi bisa saya sapa satu-persatu. Justru yang saya lakukan dengan blog ini adalah menjadikannya semakin ringkas, misalnya sidebar yang tadinya 205pixel dipersempit menjadi 135pixel saja, untuk memperlebar badan content. Lebar keseluruhan masih menganut 800pixel. Widget-widget yang tidak perlu misalnya category (saya belum bisa melakukan kategorisasi dengan baik), dihilangkan, links/blogroll saya pindah ke halaman (pages) yang bisa diakses dari menu, demikian pula gambar-gambar misalnya award, juga saya masukkan ke dalam halaman tersendiri. Hanya arsip, recent post, top commentator bulanan, himbauan dan sedikit statistik, yang masih nampang di sidebar. Foto saya tentunya masih ada dong!… Keseluruhan, tampilan blog ini tetap minimalis dan sederhana (gw bangets).

Kembali ke urusan OBRAK-ABRIK. Berbarengan dengan angka-angka statistik yang membaik, rumah saya (beneran) juga ikut diobrak-abrik. Ceritanya begini, beberapa waktu lalu Bu Noor mendapat momongan baru, anak tetangga yang dititipin ke rumah karena papah-mamahnya harus bekerja seharian. Kami yang sudah lama tidak momong anak kecil tentu saja senang sekali, Diki dan Nanin juga senang sekali mendapatkan adik kecil, seorang cewek yang belum genap tiga tahun itu. Anaknya cantik, banyak bicara, tidak pernah rewel, namun sedikit hiperaktif. Namanya ALEXA. Ini dia yang benar-benar mengobrak-abrik rumah saya… Hahaha…

Namun, obrak-abrik rumah yang cukup melelahkan Bu Noor ini rupanya tidak ada artinya dibanding dengan kegembiraan keluarga kami sekarang yang sungguh sangat hingar-bingar, ramai, penuh senyum dan tawa, karena ALEXA benar-benar lucu. Ini sebagian dari obrak-abriknya…

Posted in: Aeng-aeng, Fam