Posyandu Lansia

Posted on 02/11/2008

44


Bila sedulur mendengar kata “POSYANDU”, biasanya langsung terbayang anak-anak balita, timbang badan, pembagian susu dan kacangijo, imunisasi, dan lain-lain yang berkaitan dengan anak-anak. Namun di Limbangan, Kendal ada Posyandu lain, yaitu Posyandu Lansia (Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia).

Posyandu yang diprakarsai oleh Sekolah Rakyat bersama PKK dan Perangkat Desa Limbangan ini didukung penuh oleh Puskesmas Kecamatan Limbangan, Kendal. Posyandu Lansia pada dasarnya sama seperti Posyandu untuk balita, yaitu memberikan pelayanan kesehatan secara rutin di tempat penerima layanan . Tentu saja ini merupakan langkah yang sangat strategis, karena seperti halnya balita, para lansia juga mempunyai masalah-masalah kesehatan yang khas. Dengan adanya Posyandu Lansia, diharapkan para lansia dapat melakukan pemantauan kesehatan secara rutin, dan tidak perlu menunggu sampai mendapatkan masalah kesehatan baru datang ke Puskesmas.

Baru-baru ini, Kelompok Posyandu Lansia Desa Limbangan, Kendal mengadakan acara “jalan-jalan ke tempat wisata”. Diharapkan, dengan acara ini dapat mempererat silaturahmi, juga meningkatkan motivasi para lansia untuk mengikuti Posyandu Lansia.

Para sedulur sekalian, bila sudah tua nanti, mau nggak ikut Posyandu Lansia???

Posted in: Plesiran