Gambar Vektor

Posted on 10/11/2008

63


Berulang kali dolan ke blog-nya Mantan Kyai (XKH), berulang kali pula beliau pamer gambar vektor, ya saya jadinya tertarik banget. Tadi malam saat berkomentar di blog beliau dan VEKTORnya, saya malah mengungkapkan keinginan untuk ngaji belajar bikin gambar vektor kepada pak mantan kyai.

Nah… tadi saat berkunjung ke blog saya ini (2008/11/10, 1:37 PM), XKH berkomentar: “aku bikin vector (tepatnya vexel) cuman bermodal sotosop doang”, (maksudnya Photoshop)…

Wedew.. bisa dicoba tuh!

Selanjutnya selama lebih dari 3 jam saya penthelengi layar monitor, sambil menggenggam erat si tikus, geser sana-geser sini, klik sana klik sini. Sebagai referensi, saya bolak-balik menthelengi blog vektornya XKH. Sayang sekali saya tidak menemukan tutorialnya, jadi ya terpaksa akal-akalan sendiri.

Begini prosesnya:(maaf, tidak bisa menyertakan skrinsut-nya)

  1. Pilih gambar, buka pakai sotosop.
  2. Copy layer, trus di-poster, (gunanya untuk menurunkan jumlah warna, tadinya saya pakai Paint trus saya simpan dalam bmp 246 warna… eeeh… malah bingung).
  3. Warna-warna yang sudah terpisah di-topengi dengan “pen tool” mulai dari bagian terluar. selanjutnya disempurnakan dengan “convert point tool”, (untuk ini saya cukup mudah beradaptasi karena sering nggambar sederhana di Office dan melakukan “edit point”).
  4. Topeng-topeng warna yang otomatis berubah menjadi “shape” itu dikasih warna, menyesuaikan dengan aslinya.
  5. Yang paling sulit bikin mata, bibir, dan gigi.
  6. Alis dan kumis dibikin manual pakai “Pencil Tool”.
  7. Shape-shape yang jumlahnya mencapai lebih dari 50 itu diurutkan hingga rapi.
  8. Terakhir, bagian belakang saya kasih gambar sembarang, nggak peduli termasuk vektor atau tidak.
  9. Selesai deh!

Saya masih belum puas, karena ini adalah gambar (mungkin termasuk) vektor saya yang pertama selama 39 tahun hidup di dunia ini. Banyak kelemahan yang sangat saya sadari antara lain: garis antar warna yang belum sempurna anatominya, juga pemilihan warna yang ternyata sangat sulit. Ini menjadikan hasil gambar vektornya “nggak gw bangets”. Hari ini saya senang, walaupun cukup melelahkan saya berhasil niru-niru (sedikit) XKH yang keren itu.

***PENTING: mohon bagi yang sudah jagoan bikin gambar vektor, tolong gambar saya dikritik, dikasih saran, dikoreksi, karena gambar saya masih amat sangat jauh dari sempurna***

Ini hasilnya:

Oke deh!… saya mau pulang, mandi, makan, dan tidur, huhhhh… capek banget… (Besok saya mau coba pakai GIMP).

Posted in: Aeng-aeng