Seruni

Posted on 27/11/2008

48


Bunga seruni, krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur.
Bunga seruni adalah bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.
Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai kikuka.

Wikipedia Indonesia

Dalam perjalanan saya berkeliling -dan lagi-lagi sampai ke Kendal melewati Gunung Ungaran-, saya menjumpai beberapa plantation yang khusus membudidayakan seruni. Karena yang dibudidayakan adalah varitas asli dari wilayah beriklim subtropis, yang pada musim panas waktu siangnya lebih panjang daripada waktu malam hari, plantation-plantation seruni itu pun pada malam hari terang benderang oleh cahaya lampu sebagai pengganti cahaya matahari yang dibutuhkan seruni untuk berkembang dengan baik, menyesuaikan dengan panjangnya waktu siang di tempat asalnya.

Sesekali saya lewat pada siang hari, tak terlewatkan kesempatan untuk mengambil gambarnya. Indah bukan???

Dulu, pada waktu saya masih kecil, bila sariawan, ibu saya sering memberi minuman seruni yang dibuat dari butiran kristal berwarna coklat susu. Sekarang pun, saya memberikannya kepada anak-anak bila menderita sariawan. Harganya murah, mudah dicari di apotek-apotek dan toko obat, dan kebetulan cocok dan manjur untuk mengatasi sariawan keluarga. Ada yang pernah coba???

Posted in: Plesiran