Ikhtisar Laporan Akhir Tahun

Posted on 02/01/2009

57


Sebagaimana saya janjikan tentang annual report, berikut ringkasan perjalanan blog ini, cerita akhir tahun, dan catatan perubahan yang telah saya lakukan di hari-hari terakhir tahun 2008.

Perjalanan Blog:

  • http://andymse.blogspot.com. Ini merupakan blog yang saya banggakan, walaupun sekarang sudah jarang sekali apdet, namun tetap saya pertahankan karena seringkali saya gunakan untuk belajar.
  • https://andymse.wordpress.com. Ini merupakan jembatan perpindahan ke CMS Worpress. Juga merupakan media belajar,  sangat bermanfaat, walaupun sekarang tidak pernah ada apdet lagi.
  • http://andymse.soloraya.net. Blog numpang di website Pattiro Surakarta ini adalah pertama kalinya saya menggunakan CMS. Karena tempat yang sangat terbatas, saya memutuskan untuk pindah dan numpang lagi di tempat lain yaitu;
  • http://andymse.pattiro.net. Ini adalah tempat pegiat Pattiro Nge-blog. Baru merupakan rintisan, dan ternyata sungguh sulit menularkan budaya menulis di kalangan orang sibuk. Baru sebulan saya numpang, ternyata space-nya juga megap-megap, dan beruntunglah saya yang mendapatkan tawaran hosting gratis dari pemilik Bedeng.Com. Jadilah saya pindah ke:
  • http://andy.web.id. Mengapa saya memilih nama ini? Sejujurnya karena nama saya sangat “pasaran”, sehingga ketika saya melihat nama domain itu masih lowong, langsung saja saya ambil.

Theme dan Perubahan:

Saya suka berganti-ganti theme, itu sangat wajar sekali mengingat saya baru kenal blog. Seringkali banyak keinginan yang tidak ter-implementasikan oleh theme pilihan, sedangkan untuk “ngoprek” sendiri kapasitas diri masih dalam keterbatasan. Ketika mengunakan blogspot, saya suka theme dari isnaini.com. Ketika menggunakan wordpress, saya pakai theme gratis seadanya. Di soloraya.net, saya sempat beberapa kali berganti theme dan akhirnya terpesona dengan Paalam dari Sadish Bala yang ringkas dan sederhana.

Ketika pindah ke pattiro.net, saya berganti theme ke model majalah. Menurut saya, theme seperti ini membuat pengunjung mengetahui banyak tulisan saya dalam berbagai kategori tanpa perlu banyak scroll-down.

Bagi saya, theme ini membantu menata hati untuk tidak mengejar banyak komentator untuk masuk ke blog saya. Saya sangat menyadari bahwa kemampuan saya untuk menjawab komentar dan melakukan kunjungan balik sangat terbatas. Oleh karena itu saya juga tidak banyak berharap pengunjung berduyun-duyun mengunjungi blog saya. Untuk ini, saya minta maaf sebesar-besarnya.

Kali ini, pilihan saya jatuh pada BranFord Magazine yang dengan sangat terpaksa saya pangkas habis menjadi sangat sederhana. Sebetulnya saya ingin menggunakan theme oprekan saya sendiri yang berbasis theme default wordpress yang dikembangkan menjadi tiga kolom, namun saya masih belum percaya diri untuk menggunakannya, sementara untuk belajar dulu saja.

Header, tadinya narsis mempertunjukkan gambar saya, namun belakangan berubah mengambil kata-kata mutiara dari Rembug Tani Kecamatan Limbangan, Kendal, dan akhirnya berganti lagi menjadi KECaKOT.

Perubahan lain, setelah oprek sana oprek sini, saya memantapkan diri untuk menghapus statistik yang ada di halaman muka. Walaupun berguna dan menarik untuk dipelajari, saya akan membebaskan diri dari kungkungan angka-angka itu, dan lebih baik tidak melihatnya saja.

Direktori theme blog ini bisa dilihat di: http://andy.web.id/wp-content/themes/

Plugin:

Plugin memang sangat membantu menjadikan blog lebih powerfull. Berikut daftar plugin yang saya pakai:

  • Akismet 2.2.3, untuk menangkal spam,
  • All in One SEO Pack 1.4.6.15, untuk mengakrabkan blog ini ke mesin pencari,
  • Commentluv 2.6.2, untuk mengetahui tulisan terakhir para komentator,
  • Easy Gravatars 1.2, untuk menampilkan pesona komentator yang terdaftar emailnya di gravatar.com,
  • Executable PHP widget 1.1, untuk memudahkan menyisipkan kode php di widget,
  • DoFollow 4.0, untuk menghilangkan rel=nofollow di link komentator (exclude link gravatar),
  • Google XML Sitemaps 3.1.2, untuk memperbaharui sitemap secara berkala secara otomatis,
  • Show Top Commentators 1.06, untuk menampilkan komentator menurut jumlah komentar,
  • WordPress Automatic Upgrade 1.2.2, untuk jaga-jaga bilamana ada upgrade wordpress terbaru,
  • WordPress Mobile Edition 2.1a, untuk kenyamanan pengguna mobile browser,
  • WordPress Thread Comment 1.4.9.2, untuk bonceng-membonceng komentar dan berdiskusi,
  • WP Easy Uploader 1.0.8, untuk memudahkan upload theme, plugin, gambar, dan file lain tanpa masuk ke cpanel atau filezilla,
  • WP Super Cache 0.8.6, untuk memperingan kerja processor server, pada akhirnya blog saya akan lebih cepat  dibuka.
  • Dan beberapa plugin lain menunggu untuk dipelajari dan dicoba.

Direktori plugin blog ini bisa dilihat di: http://andy.web.id/wp-content/plugins/

Cerita Akhir Tahun:

Di setiap kategori di blog saya ini, terdapat cerita-cerita seru akhir tahun,  yaitu

Kegiatan Offline:

Nge-blog ternyata tidak hanya urusan dunia maya semata. Banyak hal terkait erat dengan dunia nyata. Sejalan dengan salah satu tujuan nge-blog yaitu untuk menjalin silaturahmi dan berbagi kepada sesama, ada beberapa catatan kegiatan offline yang menarik  terutama di akhir 2008, di antaranya:

Oh ya, tahun 2009 ternyata diawali juga dengan kopdar lagi bersama Iman Brotoseno yang kebetulan sedang berkunjung ke Solo. Sungguh sangat menyenangkan…  Cerita selengkapnya silahkan menilik di Blog Putra Daerah.

gambar dari: Blog Putra Daerah

***ssssttttt… rencananya akan ada kopdar lagi di Gunungkelir, bersama mantan kyai dan pak Sawali..***

Posted in: Catatan Sela