SLC 2009

Posted on 18/01/2009

66


Untuk pertama kalinya saya mengikuti sebuah perhelatan komunitas pengguna Linux yang kali ini berjudul Solo Linux Conference (SLC) 2009 yang diselenggarakan di FMIPA UNS Surakarta. Sejak pertama mengenal Linux di tahun 2001, saya termasuk pengguna yang soliter atau menyendiri. Banyak hal saya coba untuk mengatasi sendiri hanya mengandalkan oprek-oprek dan googling. Belum pernah sama sekali masuk forum atau menjadi anggota komunitas tertentu. Tentunya, mengikuti SLC 2009 adalah sesuatu hal yang hebat bagi saya.

Di sana saya bisa berkesempatan berkenalan dengan komunitas-komunitas pengguna Linux, –terbanyak pengguna Ubuntu-, bisa ikut bicara –walaupun agak ngaco dikit-, dan yang paling heboh, saya berkesempatan bertemu dengan Rusmanto Maryanto, pemred InfoLinux yang terkenal itu, yang sedikit banyak ikut membantu proyek andalan saya, Internet for Kids (saya sempat terharu ketika bertemu Rusmanto dan berkesempatan mengungkapkan beberapa hal tentang Internet for Kids).

bersama rusmanto maryanto dari infolinux

Secara umum, SLC terbagi dalam 3 sesi, yaitu sesi pertama tentang Kisah Sukses OSS oleh Rusmanto, sesi kedua tentang Linux After Install yang disampaikan oleh UGOS UGM, dan sesi ketiga adalah Cangkrukan bersama Komunitas. Yang saya rasakan, sesi kedua agak menyebalkan karena lebih bersifat tutorial –ini juga pembacaan jarak jauh oleh Riyogarta yang kebetulan pas sekali-. Tapi, secara keseluruhan, SLC 2009 termasuk sukses menurut penilaian saya, baik secara kepesertaan maupun konten. Banyak hal saya pelajari di sana, banyak pula perkenalan dengan individu maupun komunitas pengguna Linux yang pastinya akan menambah jaringan yang bermanfaat bila saya terus-menerus menggunakan Linux dan meyebarkan ke lebih banyak orang. Ternyata, komunitas berperan penting dalam penggunaan Linux, bukan hanya di sisi pengembang, namun juga di sisi pengguna.

Tagged: ,
Posted in: Catatan Sela