Plurk yang Menyenangkan

Posted on 15/03/2009

82


Cangkrukan Dunia Maya:

Persis dua bulan setelah saya nge-Plurk lagi, tercapailah Plurk Nirvana….

Apa itu tujuan dari nge-Plurk??? Tentu saja bukan karma tujuannya, karena tujuan yang lebih dari sekedar mencari karma adalah berteman dengan lebih banyak orang baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Hehe, kata-kata itu meminjam istilah @riyogarta, yang di profil plurk-nya tertulis “Sekedar manusia biasa yang ingin memiliki banyak teman, baik di dunia nyata maupun di dunia maya”.

plurkbuddyhal

Bagi saya, Plurk adalah salah satu cara untuk bersenang-senang. Maklumlah, sehari-hari banyak berkegiatan yang bermacam-macam, seringkali menguras tenaga dan pikiran. Sama seperti  nge-Blog yang, yang bisa dijadikan catatan, curahan, pelepasan, dan hiburan, plurk juga bisa berfungsi serupa. Hanya saja plurk lebih ringkas dan simpel, yeee… namanya juga microblogging. Di Plurk, saya bisa menulis catatan, menanggapi plurk orang lain, menambah kawan, teman dan kenalan, bisa juga saling ejek-ejekan, kemlinthi, berduaan melalui private plurk, berkirim kata rahasia, berbagi  gambar, klip, dan tautan, dan banyak lagi yang lainnya. Bagi beberapa orang (mungkin banyak orang), plurk yang simpel dan mudah itu berdampak negatif yaitu menurunkan gairah menulis di blog. Ungkapa mas Novi, “140 karakter udah dapat koment banyak, ngeblog 10 paragraf belum tentu“.

Begitu menyenangkannya plurk, sampai-sampai saya lupa bahwa kembalinya saya nge-plurk itu dilambari niat yang lebih baik. Id yang saya gunakan sudah cukup jujur, plurk yang saya tulis pun hampir-hampir tidak ada yang hoax. Namun, trik-trik usil rupanya masih mewarnai plurk saya. Semua itu karena godaan KARMA. Kalau karmanya bagus, kan bisa ngejek-ngejek plurker tengu dengan macam-macam emoticon yang disediakan plurk. Bila tidak punya, emoticonnya harus impor, dan itu tidak nggaya sama sekali, hehehe…

Cara usil yang sering saya lakukan adalah: membujuk orang lain untuk ikutan ngeplurk, ndak tahunya dia di-invite. Cara lain adalah membuat id sembarang untuk di-invite sendiri untuk meningkatkan karma. Sesekali ingin mbalap karma plurker lain, rombongan id yang dibuat sendiri diajak ngefans seseorang plurkers, di lain waktu menggembosi, sehingga karma plurker lain sentik-sentik naiknya. Kadang2 ada keusilan lain yang muncul, motor dibikinin plurk -misal makibao, laptop dibikinin plurk, bahkan sesekali bikin plurk menggunakan nama orang terkenal misalnya George Bush. Pernah saya menemui id Plurk Hidayat Nur Wahid, Maria Ozawa, Roy Suryo, walaupun begitu, saya sama sekali tidak yakin yang membuat benar-benar yang menyandang nama itu. Utak-utik nama sendiri (display name) juga mengasyikkan, bila bukan nama saya yang muncul melainkan Rhoma Irama, Kecakot, Roy Suryo, Kusni Kasdut, dan lain sebagainya, seringkali bisa membuat kawan kita kaget atau ketipu… hehehe…

Yeach… sesekali ada juga rasa bosan, tapi keusilan-keusilan itu ternyata menjaga Plurk selalu menyenangkan. Apakah Plurk juga menyenangkan dirimu???

Tagged:
Posted in: Cangkrukan