Cantik, Jelek, tengkoraknya tak jauh beda #2

Posted on 25/03/2009

27


Yah… cantik, jelek, tengkoraknya tak jauh beda. Sudah banyak yang bersepakat soal itu di tulisan sebelum ini.

Walaupun banyak yang tahu, memahami, dan mengerti bahwa nilai seorang manusia bukan pada bentuknya, namun seringkali orang yang wajahnya jelek merasa rendah diri. Banyak pula orang yang wajahnya cantik, cakep, ganteng, tapi ketika ada sesuatu musibah menjadikan perubahan wajah ataupun penampilan, bisa dipastikan orang tersebut akan mengalami masa-masa kehilangan kepercayaan diri.

Begitu juga dengan teman saya Sulatri yang akrab dipanggil Latri. Usai kecelakaan parah tahun lalu, wajahnya berubah total. Sangat jauh berbeda dengan Latri yang dulu. Perlu beberapa bulan dan berulang kali melakukan operasi untuk memperbaiki tulang tengkorak, tulang hidung, tulang rahang, tulang lengan, dan sampai sekarang belum semuanya bisa kembali berfungsi seperti semula. Perlu beberapa bulan pula bagi Latri untuk meraih kembali kepercayaan diri dan keluar dari kamar untuk kembali bergaul dengan kawan, teman, sahabat, dan handai taulan. Bahkan, pada awal Latri mulai beraktivitas kembali, banyak anak-anak yang takut melihat wajah Latri. Beberapa kawan yang sudah lama tidak berjumpa malah kaget dan tidak menyangka bahwa itu adalah Latri. Tentu saja saya tidak termasuk.

Bahkan menurut pengakuan Latri, saya termasuk salah seorang motivatornya, padahal andalan saya hanya kalimat “cantik, jelek, tengkoraknya tak jauh beda“. Lagipula, di antara kawan-kawan Latri, sayalah yang paling banyak mengejek-ejek, mengajak bercanda, guyonan, dan sangat biasa saja membicarakan perubahan yang terjadi pada wajahnya. Latri pun seringkali tertawa-tawa renyah memperlihatkan ompong 8 giginya. Suaranya masih tetap sama, namun mulutnya sementara ini hanya bisa mangap selebar kurang dari dua sentimeter karena masih ada kawat platinum yang mengikat tulang rahangnya.

Latri, satu setengah bulan setelah kecelakaan 13 Okt 2008

Sekarang Latri sudah kembali beraktivitas, musibah kecelakaan yang menimpanya rupanya membuatnya semakin tegar. Dalam hati saya merasa salut dan memuji, juga malu hati…. Bila saya sendiri yang mengalami, mungkin tidak bisa setegar Latri.

…Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (bagian akhir QS Al Hujurat 13)

Publikasi gambar sudah mendapat persetujuan dari Latri.

Tulisan terkait: Latri dan Laptop Separo

Posted in: Fren