Tabulasi Pemilu 2009 Akan Selesai Dalam Setengah Tahun

Posted on 24/04/2009

43


Kok lama bungeeetttts???… Ya, itu hanya hasil itung-itungan saya saja. Bayangkan! Setengah bulan setelah Pemilu usai, tabulasi baru mencapai angka empat belas juta dua ratus ribuan, padahal keseluruhan (sesuai DPT) mencapai 171 jutaan. Artinya, dengan kecepatan tabulasi seperti itu, total dibutuhkan kira-kira 180 hari untuk menyelesaikan keseluruhan tabulasi hasil Pemilu. Dikurangi 15 hari yang sudah lewat, masih butuh 165 hari lagi atau kira-kira lima setengah bulan.

siputkpu1

Dari beberapa sumber di media massa, di hari ke 15 pasca Pemilu ini, jumlah suara yang masuk ke KPU sudah mencapai 78 jutaan. Artinya, diperkirakan butuh waktu 32-33 hari untuk menjaring keseluruhan suara Pemilu 2009.

Saya berharap, hitung manual segera selesai. Saya sudah bosan menunggu hasil Pemilu, saya mengkhawatirkan bila semakin lama selesai akan menambah jumlah caleg gagal yang kena gangguan jiwa, juga semakin menambah konflik antar elemen bangsa. Lambannya penghitungan hasil Pemilu 2009 ini juga membuktikan bahwa teknologi canggih bila tidak ditangani oleh tangan yang tepat, bukannya mempercepat dan mempermudah melainkan malah memperlambat.

Dengan kelambanan Pemilu 2009 ini, sepertinya amanat UU No 10 Tahun 2008 akan sulit dicapai.

Undang-Undang No 10 Tahun 2008

Tentang

PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

BAB XII
PENETAPAN HASIL PEMILU

Bagian Kesatu
Pasal 201
“KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah hari/tanggal pemungutan suara”

(thinking) Pemilu 1999 kok bisa lebih cepat ya, padahal waktu itu belum menggunakan IT yang menelan ratusan milyar rupiah. Ah… kelambanan itu bisa jadi hanya angan-angan saya saja, siapa tahu menjelang batas waktu bisa dikebut, se-ngebut-ngebutnya. Persis seperti anak SD “ngerek” bendera saat upacara. Di awal lagu Indonesia Raya, khidmat banget, bendera naik pelan-pelan… Di akhir lagu, karena bendera masih jauh dari puncak tiang, ditariklah sekencang-kencangnya… (lmao)

Yeach… Saya tidak tahu salahnya dimana? Masalahnya dimana? Silahkan dianalisa sendiri, silahkan dihitung-hitung sendiri. Saya memilih bersabar, saya memilih tidak peduli dengan Pemilu 2009. Sepertinya lebih baik memperhatikan kesejahteraan diri sendiri, keluarga dan berusaha berbuat baik untuk sesama.

Saya egois ya???

Gambar dari Sampul Buku Animal Around Us “SNAIL (SIPUT)” dimodifikasi seperlunya.

Tagged: ,
Posted in: Catatan Sela