Yang Diperkosa

Posted on 27/04/2009

34


Diperkosa sama artinya dengan dipaksa dengan kekerasan. Entah untuk melakukan sesuatu, atau diperlakukan sesuatu. Pokoknya dipaksa… Pemerkosaan bisa menimpa siapa saja. Bisa anak-anak, remaja, dewasa, tua, kakek, nenek, laki-laki perempuan, pokoknya manusia lah… Juga bisa menimpa hewan, binatang, mahluk hidup lainnya, bahkan juga bisa menimpa benda-benda tak bernyawa. Tentunya itu kalau perkosa atau paksa tu diartinya sangat luas… Tapi, kata “perkosa” seringkali digunakan untuk pemaksaan yang berkaitan dengan seks. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan, artinya adalah sebagai berikut:

per·ko·sa, me·mer·ko·sa v 1 menundukkan dng kekerasan; memaksa dng kekerasan; menggagahi; merogol: ~ negeri orang; laki-laki bejat itu telah ~ gadis di bawah umur; 2 melanggar (menyerang dsb) dng kekerasan: tindakan itu dianggapnya ~ hukum yg berlaku; negara itu dicap sbg negara yg ~ hak asasi manusia;

pe·mer·ko·sa n orang yg memerkosa;

pe·mer·ko·sa·an n 1 proses, perbuatan, cara memerkosa; 2 ki pelanggaran dng kekerasan

Eh… Percaya nggak kalau pemerkosaan itu bisa menimpa benda-benda mati?? Kalau ada yang nggak percaya, ini contohnya:

tiang listrik yang diperkosa...

Tentu saja ungkapan perkosa di sini tidak sepenuhnya tepat. Tapi saya kesulitan mengungkapkan dengan kosa kata yang tepat tentang apa yang menimpa tiang listrik itu. Saking seringnya digunakan untuk tautan tali pengikat spanduk, banner, umbul-umbul, dan lain-lain, banyak sekali bekas-bekas tali yang tersisa di tiang listrik itu. Bahkan, diamati dari bekas-bekasnya, sering pula ada spanduk yang tidak diurus sampai lepas dengan sendirinya dan menjadi sampah yang menggantung.

Bila saja tiang listrik itu bisa bicara, mungkin dia ingin lepas dari perkosaan tali-tali bekas pengikat spanduk itu… Mungkin dia ingin pula tampil bersih tanpa sampah di tubuhnya.

Ah… siapa peduli???

Gambar diambil di perempatan Bulak Kapal, Kota Bekasi, 27/04/2009

Posted in: Sundries