Install Wvdial di Ubuntu 9.04, 9.10, dan 10.04

Posted on 14/06/2009

164


Tulisan ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan beberapa sedulur yang bertanya di kolom komentar maupun melalui email. Sungguh saya tidak enak hati, saya nyubi, bukan ahli, tapi tetap saja tidak ada salahnya berbagi, sekecil apapun, sedangkal apapun pengalaman yang sudah dilalui: Here you go!!!…

Berbeda dengan rilis sebelumnya, Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope tidak menyertakan wvdial dalam paket perdananya. Padahal, wvdial adalah program kecil yang powerfull untuk melakukan dial up ke jaringan. Wvdial sendiri banyak disukai oleh pengguna Linux, walaupun ada pilihan yang lebih “grafis” misalnya Gnome PPP dan KPPP.

Sebetulnya caranya mengatasinya gampang saja, cari koneksi internet yang lain, misal di hosepotan atau di jaringan kabel, trus buka terminal dan ketik sudo apt-get install wvdial. Tapi pengalaman bisa saja berbeda-beda, misalnya pengalaman AGUNKK yang bertanya di kolom komentar sepertinya bisa dijadikan contoh kasus yang menarik: Agunkk baru saja menginstall Ubuntu 9.04, berdampingan mesra (dualboot) dengan Windows. Kebetulan, koneksi internet yang digunakan adalah dialup melalui modem blutut. Di Windows sudah bisa jalan dengan lancar. Di Ubuntu masih belum bisa (sekarang sudah bisa, dengan menggunakan kabel USB).

Trus, gimana mengatasinya? Itu tidak sulit… Ganti saja source-nya, cari repo yang lain.

Caranya, edit saja file: /etc/apt/sources.list, tambahkan: deb http://cz.archive.ubuntu.com/ubuntu jaunty main, simpan dan lakukan update dengan ketik: sudo apt-get update.

———

UPDATE:

Untuk Ubuntu 9.10 Karmic Koala:  deb http://cz.archive.ubuntu.com/ubuntu karmic main.

Untuk Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx:  deb http://cz.archive.ubuntu.com/ubuntu lucid main.

———

Ada cara lain… Kita cari saja paket wvdialnya. Sudah tersedia kok di http://packages.ubuntu.com/jaunty/wvdial… Sedulur silahkan mengunduh paket wvdial_1.60.1+nmu2_i386.deb berikut paket dependenciesnya yaitu:

  1. libxplc0.3.13_0.3.13-1build1_i386.deb
  2. libwvstreams4.4-base_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb
  3. libwvstreams4.4-extra_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb
  4. libunicon4.4_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb

Bila tidak ditemukan paket libxplc0.3.13, bisa diunduh di: http://packages.ubuntu.com/jaunty/i386/libxplc0.3.13/download.

Yang Ubuntu-nya sementara belum bisa digunakan untuk ber-internet, unduh saja di warnet, buat yang kebetulan install OS dualboot, dan kebetulan bisa konek dari Windows, ambil saja file-file itu. Pilih mirror yang dekat, biar lebih cepat lebih baik!

Simpan file itu di flashdisk atau di mana saja boleh lah! Buka kembali si Ubuntu tadi, klik kanan file itu dan buka menggunakan GDebi Package Installer. Oh ya, namanya aja dependencies, jadi, installnya urut dari nomor satu sampai nomor empat, setelah itu baru install paket wvdialnya.

3-screenshot-paket ini yang pertama diinstall

Nah, setelah selesai diinstall semua paket-paketnya, wvdial siap digunakan. Silahkan coba buka terminal dan ketik wvdial… Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi tergantung jenis modem dan operator yang sedulur gunakan.

4-screenshot-kalau sudah gini, artinya wvdialnya sudah bisa

Untuk panduan configurasi wvdial dan rfcomm (bila menggunakan modem bluetooth), serta bagaimana melakukan dialup di Ubuntu, silahkan simak tulisan sedulur KECaKOT antara lain seperti di bawah ini:

  1. Endar Fitrianto dalam setting-smart-modem-di-ubuntu-810
  2. Pradna dalam ubuntutelkomsel-flash-dan-modem-huawei220
  3. Mas Iqbal dalam koneksi-internet-di-ubuntu-via-bluetooth-handphone

———

UPDATE:

  1. Untuk Install Wvdial di Ubuntu 9.10 Karmic Koala, bisa langsung sudo apt-get install wvdial. Bilamana tidak bisa, silahkan pakai wvdial untuk Ubuntu 9.04 dan setelah terinstall  segera lakukan update untuk memperoleh versi terbaru untuk Karmic Koala… Atau… Silahkan menyimak langsung di sumbernya di http://packages.ubuntu.com/karmic/wvdial untuk mengunduh wvdial beserta dependencies-nya. Bila tidak ditemukan paket libxplc0.3.13, bisa diunduh di: http://packages.ubuntu.com/karmic/i386/libxplc0.3.13/download.
  2. Untuk Install Wvdial di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, bisa langsung sudo apt-get install wvdial. Bilamana tidak bisa, silahkan pakai wvdial untuk Ubuntu 9.04 atau Ubuntu 9.10 dan setelah terinstall segera lakukan update untuk memperoleh versi terbaru untuk Lucid Lynx … Atau… Silahkan menyimak langsung di sumbernya di http://packages.ubuntu.com/lucid/wvdial untuk mengunduh wvdial beserta dependencies-nya. Bila tidak ditemukan paket libxplc0.3.13, bisa diunduh di: http://packages.ubuntu.com/lucid/i386/libxplc0.3.13/download.