Belajar SEO: Optimasi yang Keliru

Posted on 22/06/2009

59


Beberapa waktu terakhir ini saya suka menembak keyword. Bukan bermaksud untuk mengikuti Kontes SEO tertentu, melainkan hanya melampiaskan hasrat saya untuk belajar. Keyword yang saya tembak yang pertama menyenggol sedikit xxx, biasanya berkaitan dengan dada, mulut, goyang pinggul, kekerasan, pemaksaan, kepuasan, dan filsafat, walaupun sebetulnya tidak ada sama sekali pembahasan di blog ini yang bersifat saru. Tembakan yang kedua berkaitan dengan download musik. Saya yakin peminatnya juga banyak sekali. Namun, saya tidak menyediakan di sini sehubungan dengan keragu-raguan akan “kehalalannya”… Saya juga tidak mengarahkan ke link lain yang menyediakan karena  link yang ada hanya merupakan uji coba kompaksi url saja.

Nah, di sini saya melakukan kesalahan fatal yang menyebabkan posisi blog ini berdasarkan keyword yang ditembak, amblasss…

Maksud hati mempertahankan posisi, yang terjadi malah hilang dari daftar mesin pencari. Tadinya saya bermaksud untuk memperkokoh posisi, caranya membuat sebuah tulisan baru (13/06/09) dan menautkannya ke sebuah tulisan lama yang sudah cukup baik posisinya. Ada beberapa hal yang saya tambahkan ke tulisan lama berdasarkan ide pada saat membuat tulisan baru, yang ternyata malah membuat keadaan menjadi redundant… lebay… Ini membingungkan proses crawling sehingga jumlah kunjungan langsung drop (lihat posisi tanggal 14-20)… Kenapa bisa begitu? Karena pengunjung terbesar tulisan itu (angka sementara 1064 dari 1510) berasal dari mesin pencari.

drop dan naik lagi

Melihat kejadian seperti itu, saya melakukan beberapa optimasi lanjutan… Melakukan editing, membenahi sitemap, menjadwal ulang, dan lain-lain… dan… melanjutkan tembakan… (yahoo) Dan akhirnya, walaupun tembakan tidak menghasilkan tampilan di halaman pertama, namun sudah cukup mengundang pengguna mesin pencari (lihat posisi tanggal 21-22, angka terakhir terpantau tadi pagi 22/06/09 jam 10.00 WIB).

Mohon maaf kalau saya mengecewakan sedulur yang kesasar ke sini, saya tidak bermaksud lain kecuali mempelajarinya saja!  Ada yang punya pengalaman menarik??? Yeach… saya harus banyak belajar lagi nih!…

..::catatan: postviews pada bagian atas tulisan tidak mesti mencerminkan keadaan sebenarnya karena plugin baru dipasang tanggal 11/06/09::..