Naga di Tengah Kota

Posted on 27/06/2009

57


Pompa adalah alat untuk menggerakan cairan atau adonan. Pompa menggerakan cairan dari tempat bertekanan rendah ke tempat dengan tekanan yang lebih tinggi, untuk mengatasi perbedaan tekanan ini maka diperlukan tenaga (energi). Pompa untuk udara biasa disebut Kompresor, kecuali untuk beberapa aplikasi bertekanan rendah, seperti di Ventilasi, Pemanas, dan Pendingin ruangan maka sebutannya menjadi fan atau Penghembus (Blower). wikipedia

Bicara masalah pompa, khususnya pompa air, dulu sewaktu saya masih kecil sampai remaja, akrab sekali dengan pompa tangan atau hand pump yang kerap disebut Pompa Dragon. Di masa sekarang, untuk keperluan rumah tangga, penggunaan pompa tangan sudah digeser pompa listrik yang lebih praktis dan terjangkau harganya.

Walaupun semakin jarang ditemui, pompa dragon sampai sekarang masih digunakan di pelosok-pelosok pedesaan, juga untuk keperluan teknis tertentu. Di beberapa Sentra Industri Logam, pompa dragon masih diproduksi sampai sekarang, misalnya di Kota/Kab. Tegal dan Kab. Klaten. Soal kualitas, pompa dragon ternyata tidak bisa diremehkan. Beberapa varian pompa dragon mampu menyedot air dari kedalaman sampai 40 meter.

pompa dragon lawas, lazim disebut pompa kodok

Baru-baru ini, ketika saya berjalan-jalan di seputaran Purwosari, Solo, saya melihat pompa tangan lawas yang masih berfungsi dengan baik. Pompa itu ada di taman, di bawah pohon beringin yang menjadi tempat mangkal mobil-mobil angkutan.  Hohoho… naga itu masih bertahan juga berdiri kokoh di tengah kota.

Ops.. Sebetulnya, pompa itu adalah varian yang lebih jadul dibandingkan pompa dragon,  lazim disebut Pompa Kodok.

Posted in: Aeng-aeng