Solo Batik Carnival II

Posted on 30/06/2009

35


Saya tidak akan bercerita soal Solo Batik Carnival (SBC) -event tahunan Pemerintah Kota Surakarta-, yang pada tahun 2009 ini (28/06/09) merupakan perhelatan yang ke 2. Maklum saja, diriku sedang tidak ada di kota Solo. Yeach, nggak bisa nonton deh!

Di dalam siaran pers yang dikeluarkan panitia Solo Batik Carnival, Heru Prasetya, Direktur Program Solo Batik Carnival, menyatakan, Solo Batik Carnival (SBC) adalah suatu karnaval yang berbasis masyarakat dengan menggunakan batik, local genius kota Solo, sebagai sumber ide dasar dan spirit kreativitas masyarakat, yang selaras dengan Kota Solo – ‘ Solo, the Spirit of Java ‘.

Event ini bertujuan lebih mendekatkan masyarakat Solo dengan kearifan lokal kotanya dan mencintai pertumbuhan kotanya yang makin plural dan multikultural.

Event ini pula masih menurut Heru untuk mengakselerasi pertumbuhan dan citra Kota Solo sebagai Kota Batik di tingkat nasional maupun internasional. (beritaseni – 2008)

Walaupun tidak bisa nonton, saya masih beruntung. Di tengah-tengah pencarian kawan lama (alumni SMA 3 Semarang) dalam rangka Persiapan Reuni Akbar ALSTE 87, September yang akan datang, saya sempat mengunjungi seorang kawan. Dirinya pernah sekelas dengan diriku di kelas 3. Waktu itu saya belum melihat secara jelas jiwa seni-nya. Ternyata, dirinya adalah salah seorang Konseptor Solo Batik Carnival, khususnya yang membidangi kostum dan koreo-nya.

Duh!… baru kusadari betapa katroknya diriku ini, tinggal selama 5 tahun di Solo baru ketemu dirinya akhir2 ini saja. Padahal sejak dia lulus dari kuliahnya di Seni Rupa UNS, masih tetap tinggal di Solo sampai sekarang.

Di tengah asyiknya berkangen-kangenan, mengenang masa SMA bersama dua orang kawan lain (namanya Widodo Senomuljolulusan UNS, tinggal di Semarang– dan Ahmad Sofian -10th di Solo-), tak dinyana ada tamu datang. Ops, Nenden Sekar Arum Nurannisaa (Blogger Bengawan) bersama seorang temannya yang cantik bernama Fitri bertamu untuk mewawancarai Konseptor Solo Batik Carnival itu soal -tentu saja- per-karnaval-an dan per-batik-an…

(LOL)

Oh ya, kawan lama saya itu namanya Quintanova Rizqinothe coordinator of the 2009 Solo Batik Carnival

Simak juga: Solo Batik Carnival Official Site

Posted in: Fren