SwiftFox | Firefox 3.5.1

Posted on 23/07/2009

65


swiftfox-3.5.1Baru satu hari kembali menggunakan Firefox 3.5.1 (bila diinstall dari repo Ubuntu namanya menjadi Shiretoko 3.5.1), saya kembali mendapatkan kabar mengenai SwiftFox dari mas Riyogarta di sana, yang kata kabar tersebut lebih maknyus. Jujur saja, saya agak kurang sreg dengan Firefox 3.5 yang pernah saya coba selama 2 minggu semenjak 3 Juli lalu. Alasannya karena relatif berat di mesin saya yang masih kelas seleyon ini. Terasa banget bila membuka banyak jendela, apalagi mengandung video atau gambar-gambar bergerak sekelas animasi sekalipun.

Di sini saya mengalami kebingungan. Tetap menggunakan Firefox 3.0.11 atau mengikuti perkembangan untuk menggunakan Firefox 3.5.1. Saya putuskan untuk maju terus sampai mesin yang saya pakai ini benar-benar tidak mendukung aplikasi baru. Dan pilihan saya jatuh ke SwiftFox, bukan Shiretoko.

Swiftfox, browser kelas “lightweight” merupakan pengembangan dari Mozilla Firefox untuk Linux yang dioptimalkan. Pengembangan SwiftFox yang tersedia untuk prosesor AMD dan Intel ini, didasarkan pada sebagian besar kode sumber Firefox yang tersedia.

Mungkin karena penyesuaian dengan processor inilah yang membuat SwiftFox menjadi enteng. Saya berharap, pilihan ini pas buat mesin seleyon saya. Hanya saja, ada sedikit ganjalan di antaranya:

    1. Useragentspy di blog saya tidak mendeteksi SwiftFox digunakan di Ubuntu. Jadinya nggak bisa pamer pakai Ubuntu, dan terpaksa diakali lagi.
    2. Tidak bisa dibuka barengan sama Firefox 3.0.11.
    3. Beberapa addons/plugins tidak sesuai, terpaksa diupgrade ke yang lebih tinggi. Kalau sudah diupgrade, beberapa jadi mogok ketika dipakai oleh Firefox 3.0.11.

Yaps… yang pengin menjajal, silahkan langsung menuju ke getswiftfox.com! Pilih sesuai selera! Saya sertakan juga di sini cara installnya berikut tautannya, yang saya kopikan dari sumber aslinya.

=======================================>>

Instructions for installing with apt-get

  1. Add the repository to /etc/apt/sources.list
    deb http://getswiftfox.com/builds/debian unstable non-free
  2. Install from a terminal window as root using the correct package name:
    apt-get update && apt-get install swiftfox-prescott

Package names are based on the specific architecture and can be found here. If you are not  sure which architecture you need for your processor this chart should help.

Instructions for manual installation

  1. Download the appropriate deb file for your computer
  2. Open a terminal window
  3. Install the deb file by typing the following:
    sudo dpkg -i swiftfox-3.5.1-1_prescott.deb
    The file name will vary depending on which one you download.
  4. Launch Swiftfox by selecting it from the menu or by typing swiftfox in a terminal.

Select your processor

AMD

Intel

<<=======================================