Dieng dan Wonosobo [kenangan manis]

Posted on 24/07/2009

50


Wisata Blogger 2009 di WonosoboBila disebutkan Dieng atau Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau, di benak banyak orang akan terbayang dingin, kabut, kentang, sayur mayur, dan Kabupaten Wonosobo. Yang terakhir itu tidak seratus prosen benar, karena sebagian Dataran Tinggi Dieng masuk di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Namun, itu wajar-wajar saja karena “pintu masuk” ke Dieng yang paling banyak dilewati adalah dari Wonosobo.

Lima tahun terakhir ini, dapat dikatakan saya tidak pernah singgah di Wonosobo dan Dieng. Hanya beberapa kali melewati saja dalam perjalanan menuju ke Banjarnegara atau piknik ke Owabong di Purbalingga. Setengah dekade sebelumnya malah hanya sekali saja ke Dieng. Itupun karena diajak kawan-kawan pecinta alam dan peneliti fauna dalam kegiatan Penelitian Habitat Top Predator –Elang Jawa-. Setengah dekade sebelumnya lagi adalah masa-masa saya sering ke Wonosobo. Waktu itu saya bekerja di sebuah perusahaan eksportir kopi, dan wilayah-wilayah di Kabupaten Wonosobo termasuk pemasok raw material, apalagi di dataran berketinggian >800dpl, yang waktu itu cukup banyak ditanam Kopi Arabica.

Pada waktu saya masih usia SD, SMP, pernah juga dua kali diajak bapak saya berwisata di Dataran Tinggi Dieng. Sampai sekarang masih terkenang keindahannya, juga dinginnya, kabutnya, dan gemeletuk gigi yang serasa berkumur air es ketika berwudlu di sebuah masjid untuk sholat Dzuhur.

Namun, dari semua itu, kenangan paling manis adalah di akhir masa SMA. Kebetulan waktu itu ada salah seorang teman bernama Ria Indriana, putri dari seorang pejabat Kabupaten Wonosobo waktu itu. Jadi, Pesta Perpisahan Kelas 3A31  SMA 3 Semarang Lulusan Tahun 1987 yang mengesankan itu dilangsungkan di Wonosobo dan plesiran juga ke Dieng. Berikut ini foto-foto kenangan manis itu:

Terimakasih kepada sahabat Stefanus Adinugroho Kiho Kana, yang telah mendokumentasikan dengan baik dan cermat serta membagikannya di Facebook.

Hari ini dan besok, 24-25 Juli 2009, saya mengikuti Wisata Blogger 2009 di Wonosobo. Kenangan manis 22 tahun silam kembali menyegar dalam ingatan saya.

Selamat dan sukses untuk Blogger Wonosobo, selamat dan sukses untuk Wonosobo Cyber Community

Dirgahayu Kabupaten Wonosobo ke 184…

Catatan Andy MSE: Masih bermain angka cantik, ini adalah posting ke 313

Posted in: Plesiran