Pak Guru Wandi

Posted on 31/07/2009

Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terletak di wilayah pantai utara pulau Jawa, berada pada koordinat : 109°40′ – 110°18′ BT dan 6°32′ – 7°24′ LS… Bila sedulur ingin mengetahui sejarah Kabupaten Kendal, silahkan menyimak:  blõg èm.

Kemarin, 30/07/2009, kebetulan saya berkunjung ke Kendal. Sayangnya tidak di ibukota kabupaten, sehingga saya tidak bisa sowan ke Wali Blogger dan Begawan Blogger. Menjelang selesai perjalanan, saya sampai di Kecamatan Singorojo. Tiba-tiba saya teringat ada Blogger aseli Sukoharjo yang berdinas di SMPN 3 Singorojo, Kab. Kendal. Tanpa pikir panjang, saya segera menuju ke Desa Banyuringin tempat SMPN 3 Singorojo berada. Berdasarkan sumber dari intelijen -bukan rumor, bukan gosip-, saya mendapatkan informasi bahwa pak guru Wandi nge-kost tidak jauh dari sekolahnya. Itu karena domisili beliau dan keluarga di Weleri (masih di Kab. Kendal) cukup jauh jaraknya dari tempat beliau berdinas.

pak-guru-wandi-smpn-3-singorojo

Senyatanya, pak guru Wandi ini telah menumbuhkan rasa penasaran yang cukup mendalam. Bagaimana tidak! Dua gravatarnya yang sering muncul, yang satu mengesankan keceriaan., lha yang satunya berkacamata hitam bagai preman yang sangar polll.  Lagian, nama yang digunakan juga berbeda-beda. Ada Wandi Sukoharjo, Wandi Thok, MR. IDNAW, CSDW, atau Wandi Krebet. Belum lagi headline dan tagline blog-nya yang panjang; KINI SAATNYA GURU nekad NGEBLOG, bisa karena Terbiasa (nekad) | Dahulukan memuji siswamu daripada cepat memarahinya. Bisa karena terbiasa… Membaca itu, tadinya sih saya biasa-biasa saja. Guru nge-blog ada di mana-mana. Setelah menyaksikan dengan mata kepala sendiri, kekaguman yang luar biasa muncul dari dalam hati saya (walaupun ada sedikit tanda tanya). Lho kok bisa? Iya… karena pak guru Wandi itu ber-koneksi internet menggunakan modem HSDPA berkartu Matrix, padahal tempat pak guru Wandi biasa ber-internet hanya ada sinyal GPRS saja. Itupun kelap-kelip karena cukup jauh dari BTS yang paling dekat sekalipun. Saking kelap-kelipnya, pak guru Wandi mempunyai tempat favorit di pojok ruangan di boarding-house-nya. Dekat dengan jendela sehingga bisa bebas menikmati kepulan Sukun Filternya, sekaligus mendapatkan sinyal yang cukup bagus.

Sungguh luar biasa semangat pak guru ini!!!… (worship)

Hari semakin sore, dan saya tidak bisa berlama-lama di tempat pak guru Wandi. Setelah sedikit bertukar pikiran mengenai perngeblogan, CMS, localhost, dan lain-lain, saya berpamitan. Saya sungguh tak enak hati. Kopi panas suguhan pak guru Wandi yang nikmat sudah saya habiskan. Ternyata pak guru Wandi masih memberikan shodaqoh untuk bekal saya di perjalanan (apa shodaqoh itu? rahasia dong!)…

(worship) Yang jelas, karena salut oleh kegigihan pak guru Wandi, saya berjanji untuk membantu pak guru Wandi dan sekolahnya untuk lebih dekat ke dunia internet. Bahkan, saya yang saat ini sedang mengejar hadiah hosting 1GB gratis selama setahun, bila saya mendapatkannya, akan saya persembahkan untuk pak guru Wandi dan sekolahnya.

Pulang dari boarding-house pak guru Wandi, saya memilih jalan ke tenggara, melewati pinggiran di sisi selatan Kabupaten Kendal di Kec. Singorojo dan Limbangan. Berikut rekaman gambar dan ceritanya.

Siang hari 30/07/2009, menapaki jalan aspal hotmix mulus dari ibukota Kec. Singorojo menuju ke Banyuringin tempat pak Guru Wandi mengajar.

Ini dia tampang pak guru Wandi Thok aka Wandi Sukoharjo aka MR IDNAW, blogger Kendal yang juga guru SMPN 3 Singorojo, Kendal... silahkan berkenalan di http://wandisukoharjo.wordpress.com

Sepanjang jalan menebar harum bunga kopi...

Di sepanjang jalan disuguhi pemandangan kebun kopi rakyat (Kopi Rousta) yang sedang berbunga

Dari Desa Banyuringin menuju ke Desa Kaliputih, sebagian ruas jalan rusak berat bak kalisat (sungai kering)...

Setelah melewati jalan rusak di perbukitan di tengah hutan karet dan kebun kopi rakyat, jalan menurun dan di depan terbentang pemandangan indah. Pedesaan di lembah Kali Putih...

Setelah turun melewati jalan rusak di perbukitan di tengah hutan karet dan kebun kopi rakyat, jalan menurun dan di depan terbentang pemandangan indah. Pedesaan di lembah Kali Putih...

Biarpun desa, rumah-rumah bagus dan mewah banyak terdapat di sana... Kontras dengan hijau sawah dan alam pedesaan. Heran, mbangunnya pasti susah karena banyak material harus didatangkan dari ibukota kecamatan yang berjarak 10km melewati jalan rusak bak sungai kering.

Dari Desa Kaliputih menuju ke Desa Cening, beberapa ruas jalan di-beton untuk menyiasati tanah yang labil sebagaimana umumnya lembah sungai. Tampak di kejauhan tower komunikasi seluler. Biar desa, listrik dan komunikasi cukup lancar. Antena parabola ada dimana-mana, bertengger di atap rumah penduduk...

Meninggalkan lembah sungai, jalan kembali mendaki. Ternyata sudah mulai sore...

Meninggalkan lembah sungai, jalan kembali mendaki. Ternyata sudah senja mulai turun...

Meninggalkan Desa Cening, saya menuju ke Desa Kedungboto dan memasuki Perkebunan Karet Biting di Kec. Limbangan, Kendal.

Obyek wisata potensial yang belum dikelola. Selo Arjuno tonggak batu bertebing terjal. Saya pernah beberapa kali naik sampai ke puncaknya. Pemandangan indah sekali dari sana... pengin nyoba lagi tapi sudah terlalu sore.

Obyek wisata potensial yang belum dikelola. "Selo Arjuno" tonggak batu bertebing terjal. Saya pernah beberapa kali naik sampai ke puncaknya. Pemandangan indah sekali dari sana... pengin nyoba lagi tapi sudah terlalu sore.

Sunset mengiringi akhir perjalanan. Saya sudah sampai di jalan menuju ke Sumowono  Bandungan  dan selanjutnya menuju ke habitat di Solo Berseri...

Sunset mengiringi akhir perjalanan. Saya sudah sampai di jalan menuju ke Sumowono > Bandungan > dan selanjutnya menuju ke habitat di Solo Berseri...

Sedulur sekalian juga bisa menyimak gambar dan cerita singkat perjalanan itu di: Facebook.