Chromium, Google Chrome untuk Linux

Posted on 11/08/2009

47


logo-chromiumMungkin banyak sedulur yang terpesona oleh Google Chrome, browser ringkas dan enteng keluaran Google. Sayang sekali, sampai sekarang hanya tersedia versi untuk Windows saja. Bagi pengguna Linux, yang ingin menggunakannya, ternyata  ada Chromium. Silahkan coba ambil dari sini! Ekstrak saja file .zip-nya, langsung panggil executable file “chrome” untuk mencicipinya.

Chromium is an open-source browser project that aims to build a safer, faster, and more stable way for all Internet users to experience the web.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa beda Google Chrome dengan Chromium? Bisa jadi saja saya salah mengartikan, namun ketika pertama kali membuka Chromium, terpampang tulisan berikut ini:

Chromium is an open source browser project. Google Chrome is a browser from Google, based on the Chromium project

Jadi jelas bahwa Chromium itu adalah embah-nya Google Chrome. Dengan penjelasan itu, mohon maaf, judul di atas menjadi salah kaprah

Bagi pengguna Ubuntu, bilamana sedulur ingin mengikuti adpetnya, silahkan buka Launchpad, ambil yang sedulur suka tapi klik dulu “Read about installing” yang ada di sana… Cara gampangnya untuk melakukan instalasi Chromium Browser, tinggal buka terminal/console dan ketik sudo apt-get install chromium-browser. Saya sendiri mencoba Chromium Browser ini di LinuxMint.

Oh ya… Lagi-lagi saya terlambat, saya baru tahu Chromium ini setelah ada komentar dari Zam di sini. Beruntung, browsersniff/useragentspy yang saya pasang di blog dofollow ini sudah bisa mendeteksi Chromium, walaupun dikenali sebagai Google Chrome. Berikut ini skrinsutnya:

zam

Di bawah ini percobaan saya komen menggunakan Chromium dari http://build.chromium.org,

andy-google-chrome-3.0.201.0

dan ini percobaan komen saya menggunakan Chromium dari Launchpad.

andy-google-chrome-3.0.198.0

Sayang sekali, OS yang digunakan hanya terdeteksi sebagai GNU/Linux… (doh)

Tulisan ini juga ditempel di Linuxperiences