Menuju Festival Reyog Mini

Posted on 11/08/2009

55


logo1th-kotareyog-copyMemenuhi undangan Ambalwarsa Kotareyog, saya menuju ke Ponorogo di siang yang panas sepulang Diki dari sekolah. Ya, saya datang berdua dengan Diki anak saya. Rute pun saya tawarkan -walaupun sudah ada referensi dari pengalaman perjalanan di waktu lalu plus pembacaan peta yang menunjukkan bahwa Telaga Ngebel berada di timur laut Ponorogo-. Diki memilih lewat Tawangmangu bukan Wonogiri. Itu tepat sekali dengan apa yang saya mau.

Berikut rekaman perjalanan itu:

Rute yang dipilih adalah Solo – Karanganyar – Tawangmangu – Cemorosewu – Sarangan – Magetan – Maospati – Madiun – Dolopo – Ngebel.

2-tanjakan-jahanam

Walah… baru sampai di Karanganyar, Diki sudah terkantuk-kantuk. Maklumlah, biasanya tidur siang, kali ini harus mbonceng motor. Terpaksa ngopi dulu selepas Karanganyar menuju Tawangmangu.  Perjalanan selanjutnya melibas tanjakan jahanam dan jalan berkelak-kelok membuat Diki kembali rewel. Kali ini karena kebelet pipis… (doh)

1-pipis-di-ladang-sayuran

Karena kebetulan lewat di ladang-ladang sayuran, tak ada tempat mampir yang cocok untuk pipis, ya akhirnya pipis di sela tanaman wortel… (lmao)

Setelah melewati Cemorokandang -masih di Jateng, dan selanjutnya Cemorosewu -sudah masuk wilayah Jatim, jalanan mulai menurun. Sampailah kami di Telaga Sarangan. Berhubung sudah sore, niat untuk mampir Telaga Sarangan ditunda dulu, walaupun masih sempat berhenti sebentar untuk poto-poto… (dance)

3-jalan-baru-yang-mulus

4-telaga-sarangan-di-kejauhan

Perjalanan dilanjutkan… Saat maghrib tiba, barulah kami sampai di Pesanggrahan Songgolangit di tepi Telaga Ngebel (734dpl), Ponorogo. Sudah hadir mendahului kami adalah blogger-blogger dari Jakarta Dagdigdug (Paman Tyo) yang juga mewakili Cahandong, dari Bengawan, dari Pasuruan, dari Malang, dari Surabaya, dari Gresik, dan dari Malhikdua. Menyusul kemudian adalah blogger-blogger dari Semarang, Kendal, Ngawi, dan masih ada lagi keesokan harinya yaitu dari Jogloabang. Mohon maaf, kalau masih ada yang belum disebutkan… Aku laliii…

festival-reyog-mini

Walaupun tidak semuanya bisa ikut, acara pertama malam itu tetap dilanjut… Peserta berombongan menuju ke Alun-alun Kabupaten Ponorogo untuk menyaksikan Festival Reyog Mini yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT ke-64 Republik Indonesia, juga Hari Jadi ke-513 Kabupaten Ponorogo.

gambar oleh Diki, selengkapnya ada di sini… gambar festival dari Facebook mbak Uun.

..:tulisan ini masih berlanjut:..

Posted in: Cangkrukan, Fam