Jagongan Komunitas Online Surakarta

Posted on 12/08/2009

97


jagongan-komunitas-online-dalam-rangka-solo-cybercity-2010Siang tadi 12/08/09, saya menerima undangan dari Komunitas Blogger Bengawan di mailinglist tentang Jagongan Komunitas Online se-Surakarta dalam rangka Solo Cyber City 2010 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika  Surakarta. Belum lagi saya sempat membalasnya, datang sms dari Mursid, salah seorang Bengawan’ers. Langsung saya jawab “budhal”  karena memang malam ini saya agak longgar.

Saya sempat pula mengabari Bu Dyah yang saat itu sedang di Yogya, alhamdulillah bisa hadir.

Bersama kawan-kawan Bengawan, ternyata di sana berkumpul pula komunitas-komunitas lain misalnya komunitas facebooker, pengguna linux, juga dari beberapa perguruan tinggi. Ternyata tagline yang saya baca adalah Diskusi Bersama, Konsep, Design, dan Implementasi Solo Cyber City 2010. Namun, sayang sekali walikota Surakarta yang batal hadir, mungkin karena kesibukan beliau, mungkin juga karena bingung kalau hadir akan mewakili komunitas online yang mana?

Just kidding! (LOL)

Jujur saja, saya agak tersentil ketika ada kalimat terdengar di kuping saya, bahwa masyarakat belum siap untuk menerima datangnya teknologi, dalam hal ini internet. Justru saya merasakan hal yang sebaliknya. Infrastruktur yang dibangun belum mampu menyentuh masyarakat sampai di tingkat bawah. Yang banyak diunggulkan justru pengembangan hotspot di banyak tempat. Bagaimana bisa mengaksesnya? Jangankan laptop dengan fasilitas wifi, komputer biasa kelas kacangan pun tidak mesti punya.

Beruntung saya sempat pasang muka, nyepam offline sambil pamer Internet for Kids. Barangkali bisa jadi alternatif daripada merancang pengembangan hotspot dimana-mana yang belum tentu akan digunakan oleh masyarakat kelas bawah. Semoga saja muka saya masih dikenal nanti pada waktu mengajukan sesuatu proposal… haks…

hari-komunitas-online-solo

foto oleh: Mas Hendri yang tidak cakep blasss, selengkapnya ada di Facebook.

Pada jagongan malam ini, bengawan’ers Mas Ody sempat urun rembug menyatakan bahwa infrastruktur adalah hal penting, termasuk backbone tentu saja. Ada pula yang lain menanyakan soal tanggung jawab maintenance, bahkan Blontankpoer sempat juga menyatakan bahwa blogger mempunyai peran strategis sebagai agen citizen journalism yang ikut andil dalam mempromosikan Solo Cyber City. Saya sepakat saja soal itu, sayangnya karena ada sesuatu keperluan, saya tidak bisa mengikuti sampai tuntas….

Pulang gasik… (gym)

Update: (dari milist Bengawan)

Jagongan Komunitas Online Kota Surakarta
Diskusi Bersama Konsep, Design, dan Implementasi Solo Cyber City 2010

Tempat: Pendopo Pelataran Pasar Windujenar (Pasar barang antik triwindu), Mangkunegaran, Solo.

Absen para Bengawan’ers sing teko:

Jajaran sesepuh: Blontankpoer, AndyMSE, Sri Saptono Basuki, Benyamin, Odydasa Fitranto, Mahatma Chrysna, Diah Ayu…

Jajaran kaum muda: Indrahuazu, Fahmarahman, Mursid, masHendri, Yudi, Dony Alfan, Ariefz45, Badoer, Muh. Yanun, Hafid Kipli,  Iyem, Bimo…

Bengawan sing teko akeh dewe…

—–

Update: Andy MSE

Berhubung saya pulang gasik, saya tidak ikut tanda tangan pada akhir acara, dimana pada tanggal 12 Agustus 2009 itu dicanangkan sebagai Hari Komunitas Online Solo.

Posted in: Cangkrukan