Dofollow Setengah Hati

Posted on 27/08/2009

65


Sehari sebelum puasa, tiba-tiba ada masalah yang menimpa blog ini. Blog yang dofollow sejak lahir ini terpaksa melakukan langkah yang berbeda kali ini.

Awalnya karena ada masalah pada plugin dofollow dan commentluv/comluv. Pada upgrade terakhir, tiba-tiba diketahui bahwa cara comluv mem-parse rss dari alamat web yang dimasukkan oleh komentator, sudah berubah. Kalau dulu hanya bisa mem-parse rss alamat saja misalnya http://solvewithit.com, sekarang tetap bisa mem-parse rss dari alamat lengkap bahkan bila langsung menunjuk ke artikel tertentu misalnya http://solvewithit.com/2009/08/22/from-windows-to-ubuntu/. Dua alamat dari contoh di atas bila dimasukkan ke kolom komentar, maka comluv tetap saja bisa menunjukkan judul tulisan terbaru ybs. Bedanya, bila yang dimasukkan adalah alamat url, maka akan keluar 10 pilihan tulisan yang akan ditampilkan (tentu saja kalau sudah menjadi anggota comluv). Bila yang dimasukkan adalah alamat lengkap menunjuk ke artikel tertentu, maka hanya judul tulisan terakhir yang ditampilkan.

Cilakanya, bila alamat url yan dimasukkan ke kolom komentar merujuk ke artikel dan berakhiran .php, .html, dan lain sebagainya, maka comluv akan mem-parse comment rss. Aneh kan?

struktur-komentar-no-do

Comluv itu ternyata juga bisa sedikit ditipu. Misalnya, pada saat pertama akan komentar ditulislah alamat dengan benar. Setelah Comluv menunjukkan last blog post, ganti saja alamatnya trus kirim komentar… (LOL)

Trus, apa hubungannya dengan dofollow?

Perilaku satu plugin bisa jadi berpengaruh pada plugin lain. Dan karena masalah ini terpaksa dilakukan penelusuran mendalam mulai dari mesin sampai ke databasenya. Hasilnya… 60 halaman komentar mengalami kerusakan. Untuk kerusakan ini saya mohon maaf kepada para komentator yang kebetulan mencari backink di sini, mungkin ada link url yan terpotong baik di alamat yang diisikan pada kolom komentar maupun pada last blog post yang ditunjukkan comluv.

Selanjutnya, demi kesetaraan komentator, terpaksa diberlakukan Dofollow Setengah Hati, dimana (sementara ini) hanya last blog post yang ditunjukkan comluv yang bersifat dofollow, sedangkan alamat komentator dan link-gravatarnya hanya nofollow. Seperti banyak diketahui, yang biasanya menuliskan alamat url lengkap dengan rujukan ke tulisan tertentu adalah para pencari backlink baik itu dari blog monetize maupun peserta kontes SEO. Tentu saja menjadi tidak adil bilamana ada komentator yang mendapatkan 1 baclink ke posting plus 1 backlink ke alamat web, di sisi lain ada komentator yang mendapatkan 2 backlink untuk 2 posting.

Sesuai dengan yang tercantum dalam disclaimers, maka dapat dilakukan perubahan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan (bagi yang menunaikannya)… Mohon maaf lahir dan batin…

Update:

..::sekarang sudah full dofollow lagi… sekaligus menyampaikan dukungan buat Khay yang sedang bingung: mengembalikan jati diri bangsa::..