Mengganti Background GRUB

Posted on 28/08/2009

43


Bermain-main background grub dengan grub-gfxboot di LinuxMint

Saya bermain-main grub-gfxboot ini di LinuxMint, salah satu distro Linux yang sejak paket perdananya sudah dilengkapi dengan grub-gfxboot. Letaknya ada di /boot/gfxmenu/ dengan dua pilihan yaitu DEW, yang file-nya ada di /boot/gfxmenu/linuxmint.message, tampilannya seperti pada gambar sebelah kiri, dan STRIPED,  yang file-nya ada di /boot/gfxmenu/striped.message, tampilannya seperti pada gambar sebelah kanan.

dew-and-striped

Pemilihan mana yang akan digunakan bisa diatur di /boot/grub/menu.lst. Coba edit file tersebut dari terminal:

~$ sudo gedit /boot/grub/menu.lst

Nanti akan terbuka jendela gedit. Simak bilamana ada tulisan seperti ini:

## Graphical boot menu location
gfxmenu=/boot/gfxmenu/linuxmint.message

Silahkan ganti /boot/gfxmenu/linuxmint.message dengan /boot/gfxmenu/striped.message, maka tampilan background grub akan berubah sesuai file-file yang ada pada striped.message.

Pengin ganti gambar??? Caranya gampang! (bringit)

Silahkan tilik dulu file-file yang ada di /boot/gfxmenu/. File linuxmint.message dan stripes.message itu sepertinya file arsip biasa. Klik kanan dan lihat properties salah satu file itu. Ketahuan bahwa itu adalah file arsip cpio, yang dibuat dengan aplikasi pengarsipan cpio yang biasanya sudah disertakan dalam paketan distro Linux.

Copy salah satu file itu misalnya linuxmint.message dan taruh di sembarang folder, misalnya di /Desktop/. Klik kanan dan extract here! Hasilnya adalah folder  linuxmint.message_FILES. Di dalam folder itu ada file gambar dengan nama back.jpg. Ukurannya 800×640 pixel. Hapus saja file itu dan cari gambar lain yang sedulur suka. Rename menjadi back.jpg dan masukkan ke dalam folder linuxmint.message_FILES. Jadikan kembali file arsip cpio dengan cara (mengikuti contoh letak file, bisa ke nama asli atau menjadi sembarang nama):

~$ cd Desktop/linuxmint.message_FILES
~$ sudo -s
~# ls . |cpio -o > kreasiku.sendiri

Untuk keamanan, lebih baik file kreasiku.sendiri itu dipindah saja ke folder yang untuk mengutak-utiknya butuh root privileges. Atau, langsung saja arsipkan ke folder asal dengan cara:

~# ls . |cpio -o > /boot/gfxmenu/kreasiku.sendiri
~# exit

Setelah itu edit lagi:

~$ sudo gedit /boot/grub/menu.lst

Ganti:

gfxmenu=/boot/gfxmenu/linuxmint.message

Dengan:

gfxmenu=/folder/kreasiku.sendiri

Bila diarsipkan di folder asal, berarti diganti seperti ini:

gfxmenu=/boot/gfxmenu/kreasiku.sendiri

Tutup terminal > restart… dan nikmati gambar kreasi sedulur sekalian tampil sebagai latar belakang grub!

Berikut ini kreasi saya dan Diki:

grub-gfxboot kreasi Diki dan Andy

Tips and Trick:

  • Bila komputer sedulur menggunakan widescreen, misalnya 1280×800 pixel, ada baiknya edit dulu menggunakan GIMP dan resize gambar yang sedulur suka secara proporsional sesuai lebar layar, selanjutnya scale secara tidak proporsional menjadi 800×640 pixel. Preview-nya mungkin kelihatan kurang bagus, namun sebagai background grub akan tampil secara proporsional.
  • Bila belum ada aplikasi pengarsipan cpio, silahkan ambil di http://gnu.org dan install. Untuk mengetahui cara menggunakannya, tilik dari terminal: ~$ cpio --help.
  • Bila sedulur sekalian menggunakan Ubuntu atau Blankon, silahkan ikuti cara yang ditunjukkan sedulur Muhidin di sini

..::tulisan ini juga dipublikasikan di: http://solvewithit.com::..