Tuslah

Posted on 27/09/2009

89


Tuslah, serapan dari bahasa Belanda “toeslag” adalah pembayaran tambahan. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris bisa bermakna; extra allowance; wage supplement; excess fare; extra charge on tickets. Paling sering kita mendengar kata tuslah pada waktu-waktu dekat dengan hari raya atau masa liburan. Biasanya berkaitan dengan naiknya tarif angkutan umum baik darat, laut, dan udara.

Secara resmi pada Idul Fitri 1430H/2009M ini pemerintah melalui instansi terkait tidak memberlakukan tuslah untuk tarif angkutan umum. Namun, sayangnya tidak dipatuhi oleh penyedia layanan angkutan umum. Diberlakukan atau tidak diberlakukan tuslah, hukum pasarlah yang berkuasa sehingga tarif angkutan tetap saja naik bahkan mencapai lebih dari 50%. Dengan jelas, terlihatlah bahwa pemerintah kalah kuasa dibanding hukum supply-demand itu.

tuslah

Walaupun kata tuslah sebetulnya dapat digunakan untuk berbagai keperluan berkaitan dengan pembayaran tambahan, masih jarang sekali kita mendengarnya di luar urusan tarif angkutan. Beruntung, saya berkesempatan melihat tuslah di bidang kuliner.

Gambar diambil di sebuah rumah makan padang di Jl Slamet Riyadi, Makamhaji, Kartasura.

Posted in: Aeng-aeng