Membuat Read More di Blogspot

Posted on 30/09/2009

55


Membuat read more di blogspot dengan menyisipkan skrip-skrip tertentu di html (expand template widget) sekarang sudah kuno. Banyak blogger yang menggunakan blogspot tetap saja merasa repot bilamana setiap kali membuat tulisan harus memasukkan <span class="fullpost>bla..bla..bla..</span>.

Blogspot (www.blogger.com) sekarang sudah mempunyai fasilitas Read More. Saya (yang sudah lama tidak menguprek-uprek blogspot) baru tahu bulan ini ketika membuatkan beberapa blog di blogspot untuk beberapa kawan yang saya kompori untuk menjadi blogger yang kebetulan pilihan mereka adalah nebeng di http://www.blogger.com. Jujur saja, yang ngasih tahu saya soal readmore di blogspot adalah pria paling syur di dunia, ehem… Ki Demang Syuryaden yang saya temui dan saya ajak cangkrukan siang-siang di Joglo Abang.

Yaps… Tak usah berpanjang lebar, berikut ini cara menggunakan read more di blogspot:

Login dengan cara membuka http://www.blogger.com > masukkan username (email) dan password yang biasa digunakan untuk mengelola blog >  pengaturan > dasar langsung ke bagian bawah di setting global pilih editor entri dengan menyontreng editor yang telah diperbarui > simpan setelan.

setting-global_pilih-editor-entri

Pada waktu membuat tulisan, di jendela editor yang baru ada ikon kecil di kanan atas, namanya insert jump break. Di posisi tulisan yang akan dipotong sisipkan saja jump break itu.

post-create -jump break-

Bila dilihat dengan mode html, read more itu akan tampak seperti ini: <!-- more -->

Semoga bermanfaat! (walaupun sudah banyak yang tahu dan menulis hal serupa –saya terlambat–)… (doh)