Statistik Blog… Kok beda-beda sich???

Posted on 10/10/2009

112


Dulu, saya sama sekali tidak begitu perhatian sama statistik blog. Maklumlah, saya ngeblog ya just nge-blog and nge-blog aja! Asal nulis dan senang ketika bertambah teman. Pernah juga saya memasang berbagai macam statistik di sidebar blog ini, namun selanjutnya saya copot karena saya merasa banner-banner statistik itu memberatkan blog ini. Loading yang lelet bikin nggak leading, begitulah menurut seorang blogger jagoan yang ngakunya gurem.

Walaupun sebegitunya saya menganggap nggak penting, namun sering juga saya tertarik mempelajari trafik rank dan pagerank, optimasi, dan lain sebagainya berkaitan dengan teknik-teknik SEO. Bukan untuk mengikuti sesuatu kontes atau untuk tujuan komersial, melainkan sekedar tahu untuk tujuan belajar. Banyak hal yang saya belum paham, banyak hal yang belum saya mengerti. Itulah yang mendorong saya untuk terus mempelajari.

Akhir-akhir ini, saya kembali memasang banner statistik di blog saya. Awalnya karena ada beberapa teman yang ingin mempromosikan produk(UKM)-nya, juga ada yang berkeinginan untuk mempromosikan bisnisnya melalui blog saya. Perombakan layout saya lakukan, space iklan saya siapkan, dan 1 November 2009 yang akan datang, satu per satu iklan akan dipublikasikan. Tarifnya murah, hanya 10 rupiah per pageview, bukan per visit. Dengan asumsi views per day sekitar 500, dari setiap iklan akan diperoleh Rp 5.000 per hari. Hasilnya akan digunakan untuk beberapa kegiatan sosial yang saya lakukan di antaranya untuk pengembangan Internet for Kids. Dulu pernah saya memasang banner donasi, namun sepi tak ada yang berdonasi, mungkin dengan iklan, hal ini bisa diatasi.

Sementara ini saya belum menambahkan skrip tertentu yang bisa menghitung view per iklan, namun saya kembali memasang banner-banner statistik blog di sidebar. Anehnya, layanan statistik itu memberikan laporan yang berbeda-beda. Saya mencontohkan 3 layanan statistik.

Yang pertama menggunakan plugin WordPress.com Stats. Layanan ini cukup baik dan karena blog ini menggunakan mesin/CMS wordpress, maka statistik akan terintegrasi dalam dashboard. Informasi yang bisa didapatkan meliputi: views per day, referers, top posts and pages, search engine terms, clicks, incoming links dan summary tables. Berikut ilustrasinya:

wordpress-com-stat

Yang kedua mengunakan Sitemeter. Layanan ini lebih lengkap. Informasi yang didapat meliputi: Summary, Who’s On?, Traffic Prediction, recent visitors (By Details, By Referrals, By World Map, By Location, By Out Clicks, By Entry Pages, By Exit Pages), visits (Current Day, Previous 7 Days, Previous 30 Days, Previous 12 Months), visits and page views (Current Day, Previous 7 Days, Previous 30 Days, Previous 12 Months), page ranking (Entry Pages, Exit Pages), dan support+service. Berikut ilustrasinya:

sitemeter

Yang ketiga menggunakan Indostats. Layanan ini baru bersifat beta dan berbahasa Indonesia. Informasi yang didapat meliputi: Pengunjung (20 terakhir | 20 hari | 12 bulan | 24 jam | 1 minggu), Page View (20 terakhir | 20 hari | 12 bulan | 24 jam | 1 minggu), Mesin Pencari (Hari ini | Kemarin | Bulan ini | Bulan lalu), Kata Kunci (Hari ini | Kemarin | Bulan ini | Bulan lalu), Situs Referral (Hari ini | Kemarin | Bulan ini | Bulan lalu), Halaman Populer (Hari ini | Kemarin | Bulan ini | Bulan lalu), Halaman Masuk (Hari ini | Kemarin | Bulan ini | Bulan lalu), Sistem (OS | Browser | Resolusi | Warna | Flash | Javascript), Kota (Hari ini | Kemarin | Bulan ini | Bulan lalu), dan Negara (Hari ini | Kemarin | Bulan ini | Bulan lalu). Selain itu ada pula peringkat yang dihitung dari akumulasi jumlah pengunjung 20 hari terakhir. Berikut ilustrasinya:

indostats-visit

inostats-view

Coba simak angka statistik pada hari Kamis, 8 Oktober 2009. WordPress.com Stats menunjukkan views sejumlah 691, tidak ada data mengenai jumlah visitors. Sitemeter menunjukkan visitors berjumlah 407 dan pageviews 552. Sedangkan Indostats menunjukkan visitors hanya mencapai 348 dengan pageviews hanya 498.

Sebagai penyedia layanan iklan per view, tentunya saya lebih suka mengunakan WordPress.com Stats, tapi para pemasang iklan jelas lebih suka menggunakan Indostats sebagai acuan.

Sependek yang saya tahu dan sepanjang yang saya punya,  seharusnya angka-angka itu sama. Saya tidak tahu metoda apa yang dipakai masing-masing layanan statistik itu. Mungkin saja ada perbedaan starting clock-nya, saya akan lakukan pengecekan pada akhir bulan.

Sedulur ada yang tahu apa sebabnya???