Budiyono

Posted on 01/11/2009

58


yus-budiyonoIni bukan Boediono Wakil Presiden Republik Indonesia, juga bukan Budiyono aka Deteksi, juragan hosting dari tlatah timur pulau Jawa. Yang akan saya ceritakan adalah Yus Budiyono, teman saya SMA dulu. Setelah lulus SMA, saya dan dia sama-sama masuk ke Undip, tapi dia di Fakultas Kelautan. Dalam waktu yang cukup lama saya tidak berjumpa dengan dia, namun saya dengar kabar bahwa dia bekerja sebagai engginer di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Bahkan sempat pula selama bekerja dia melanjutkan sekolah di University of Melbourne untuk memperdalam pengetahuannya.

Yang membuat saya heran, keahliannya sekarang berbeda dengan basic sekolahnya dulu yaitu ilmu kelautan (saya nggak tahu waktu di Ostrali itu dia memperdalam bidang apa?)… Sekarang, dia mempunyai banyak kegiatan di urusan pengembangan software opensource utamanya Linux.

yus budiyono di pelatihan pengembangan opensource software kader pemuda se-IndonesiaBelum lama ini saya mendapat kabar melalui Facebook bahwa tanggal 29-31 Oktober 2009, Yus Budiyono si pengguna Debian itu berada di Solo. Ternyata lumayan padat acaranya, dari mulai berbicara di hadapan Pemerintah Kota Surakarta masalah E-Dev, sampai Pelatihan Pengembangan Opensource Software untuk Kader Pemuda se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, bertempat di Fakultas MIPA, UNS Surakarta. Saya terlambat menemuinya karena beberapa hari sebelumnya saya berada di Semarang. Baru pada hari Sabtu 31/10/2009, saya bisa menemuinya di tempat pelatihan. Bahkan, saking senangnya bertemu (Yus tidak hadir pada Reuni Alste87 bebrapa waktu lalu) dan kebetulan juga sama-sama suka Linux (bedanya saya pengguna dan dia pengembang), saya diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri di depan forum pelatihan itu. Tentu saja berkaitan dengan kesaksian saya sebagai pengguna opensource.

Nggak pake repot, saya ambil kesempatan itu untuk bercerita 2 hal, pertama tentang sedikit pengalaman saya sebagai pengguna Linux, kedua tentang website. Hanya memperkenalkan diri dengan menyebut alamat about di blog ini, tiba-tiba banyak monitor komputer di tempat pelatihan dipenuhi dengan tulisan hijau KECaKOT

(haha)

Posted in: Fren