Hari Pahlawan dan Tugu Pahlawan

Posted on 10/11/2009

75


Hari Pahlawan

Mallaby's Car Siapapun yang pernah sekolah SD pasti tahu bahwa 10 November adalah Hari Pahlawan. Kalau nggak tahu wajib dikepruk kursi seperti ini: (idiot) …

Jadi, tidak usah saya berpanjang lebar menulis ulang tentang Hari Pahlawan. Silahkan menyimak ulang ensiklopedia dan wikipedia, atau sumber-sumber lain. Pasti banyak penjelasan lengkap di sana. Dan pastinya sedulur akan teringat peristiwa-peristiwa heroik seperti insiden perobekan bendera di Yamato Hoteru/Hotel Yamato atau Oranje Hotel, Jl. Tunjungan no. 65 Surabaya, dan kegigihan arek-arek Suroboyo bersenjata seadanya bahkan banyak yang hanya bersenjata bambu runcing saja.

Peringatan Hari Pahlawan itu mengambil tanggal terjadinya Peristiwa 10 November 1045 di Surabaya yang memicu perang antara Indonesia (20.000 tentara + 100.000 pejuang bersenjata alakadarnya) dan Inggris + Belanda (30.000 pasukan bersenjata modern ~tank, pesawat tempur, kapal perang~) yang pada akhirnya pihak Inggris berhasil menguasai Surabaya. Para komandan yang memimpin perang itu, di pihak Indonesia adalah Bung Tomo, dan di pihak Inggris adalah Brigjen A.W.S. Mallaby, belakangan setelah terbunuh karena bom mobil digantikan oleh Mayjen E.C. Mansergh.

Perang yang memakan korban 16.000 jiwa di pihak Indonesia dan 2.000 jiwa di pihak Inggris-Belanda itu  (Perang Kemerdekaan 27 Oktober – 20 November 1945) berakhir setelah ada campur tangan pemerintah pusat yang menyerukan gencatan senjata.  Lewat beberapa perundingan, dan perjuangan yang panjang, akhirnya diakuilah kedaulatan Indonesia.

Tugu Pahlawan

dirgahayu-tugu-pahlawan-dot-comTugu Pahlawan adalah Tugu yang didirikan untuk memperingati Peristiwa 10 November 1945 itu. Yang ingin melihatnya silahkan datang ke Surabaya.

Sejak 2 tahun lalu, selain Tugu Pahlawan yang berdiri tegak di Kota Surabaya, ada pula TuguPahlawan.Com, yaitu Website Resmi Komunitas Blogger dari Kota Surabaya. Banyak nama yang saya kenal baik di sana, banyak kenangan, persahabatan, dan paseduluran yang terpatri di dalam hati saya… Sayangnya, saya tidak bisa memberikan apa-apa kecuali ikut mengucapkan “Selamat Ulang Tahun Ke-2 Komunitas Blogger Surabaya | TuguPahlawan.Com“… Semoga semangat Bung Tomo dan semangat arek-arek Suroboyo selalu tertanam di dalam hati sedulur TPC

Sukses selalu!!!… (dung plak dung dung jossss)

Posted in: Cangkrukan