Mengganti Label Flashdisk di Ubuntu

Posted on 03/01/2010

93


Mengganti label disk/flashdisk di Windows sangat mudah sekali. Tinggal rename dan enter… Beres deh!

Di Linux, khususnya Ubuntu dan turunannya yang saya gunakan sekarang (Linux Mint), mengganti label disk/flashdisk juga mudah dilakukan. Dulu saya sering menggunakan mtools yang saya download dari http://mtools.linux.lu/ (tersedia juga mtools untuk distro lain).

Setelah diinstall tinggal buka terminal/konsol dan ketik:

$ mount

Setelah diketahui letak disk, misalnya di /dev/sdb1, lakukan unmount dengan mengetikkan:

$ umount /dev/sdb1

Untuk melihat volume label, ketikkan:

$ sudo mlabel -i /dev/sdb1 -s ::

Bila belum ada labelnya, akan kelihatan seperti ini:

$ mlabel -i /dev/sdb1 -s ::
Volume has no label

Bila sudah ada seperti misalnya flashdisk punyak saya, akan kelihatan seperti ini:

$sudo mlabel -i /dev/sdb1 -s ::
Volume label is Cruzer

Bila ingin diganti, tinggal ketik:

$sudo mlabel -i /dev/sdb1 ::
Volume label is Cruzer
Enter the new volume label : Activator

Label lama flashdisk saya adalah Cruzer, dan label baru yang saya inginkan adalah Activator. Bila tidak ingin mengubahnya tinggal enter saja dan akan ada pertanyaan apakah label akan dihapus?

Nah… Gampang kan???

TAPI ITU KUNO!!!…

Di paket perdana Ubuntu terbaru (Karmic) dan turunannya, sudah disertakan fasilitas yaitu Disk Utility. Langsung saja masuk ke System > Administration > Disk Utility, pilih disk/drive, ganti namanya dan klik change… Selesai!!!…

Disk Utility ini memberikan informasi yang lengkap mengenai disk, dan bisa digunakan pula untuk menghapus seluruh konten, serta melakukan format disk/flashdisk, tapi tidak bisa digunakan untuk membuat partisi. Jadi, untuk urusan partisi, saya tetap menggunakan GParted…

Semakin lama menggunakan Linux, terasa semakin mudah dan menyenangkan…