Tahu Serasi

Posted on 17/01/2010

44


Bandungan merupakan sebuah obyek wisata pegunungan yang terdapat di Kelurahan Bandungan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan selama 1 jam di sebelah selatan Semarang atau sekitar 20 menit dari Ungaran, atau sekitar 15 menit dari Ambarawa melalui jalur pegunungan. Bandungan memiliki udara yang sejuk dan segar sehingga banyak sekali terdapat hotel dan motel. Adapun obyek wisatanya yang terkenal yaitu Candi Gedongsongo. (wikipedia)

Berkali-kali melewati Bandungan, dan berkali-kali menikmati kelezatan Tahu Serasi, saya sama sekali tidak mengetahui siapa yang pertama kali mempopulerkan kuliner khas yang semakin lama semakin terkenal dan marak dijual di kawasan Bandungan. Baru-baru ini, ketika kembali melewati Bandungan, di tengah perjalanan di tengah hujan yang dingin, saya membutuhkan kehangatan. Tentu saja bukan kehangatan yang ada di hotel dan motel yang ~ternyata~ banyak juga yang menawarkan perempuan mesum sebagai teman di dinginnya udara pegunungan. Yang saya inginkan adalah Tahu Serasi yang digoreng dan dinikmati panas-panas bersama sambal kecap ditemani segelas minuman hangat… Favorit saya, sudah pasti adalah kopi yang diseduh air panas ditambah sedikit gula.

Dari hasil perbincangan dengan penjual Tahu Serasi, saya mendapatkan informasi bahwa awal mula yang memperkenalkan Tahu Bandungan yang kemudian dikenal dengan Tahu Serasi adalah Bapak Sindoro yang akrab dikenal sebagai Oom Shin, yang membuka usahanya di Jl. Raya Bandungan (depan Hotel Nugraha Wisata) Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Merupakan produsen Tahu Bandungan dengan nama Tahu Serasi yang sudah sangat dikenal masyarakat luas. Selain itu dapat dibeli juga sari kedelai yang enak rasanya. Tahu Serasi Oom Shin ini merupakan satu-satunya generasi penerus Tahu Bandungan yang asli, karena sekarang banyak sekali perusahaan atau penjual-penjual yang menjiplak merek Tahu Serasi Bandungan dari segi rasa dan kemasan. Meskipun banyak penjual tahu sejenis tetapi jika Anda menginginkan produk yang asli, Tahu Serasi Oom Shin inilah tempatnya. Dapat dimakan ditempat ataupun dibungkus untuk dinikmati di rumah. (kapanlagi)

Bagi saya, siapapun produsennya, siapapun penjualnya, Tahu Serasi memang khas. Bisa jadi karena proses produksinya yang lebih teliti, dan saya yakin, produsen dan penjual Tahu Serasi di Bandungan tidak akan berani mempertaruhkan kualitas untuk keuntungan jangka pendek. Tahu Serasi memang serasi dengan Bandungan yang dingin, dan semakin serasi karena sesuai dengan jargon ibukota Kabupaten Semarang yaitu Ungaran Serasi.

Selain Tahu Serasi yang kenyal dan padat, juga ada produk olahan kedelai lain yang mendampinginya, antara lain tempe, sari kedelai atau susu kedelai, dan gembus yang merupakan olahan dari ampas tahu. Saya juga suka Gembus Serasi itu. Butiran ampas tahu yang halus membuat gembus lezat itu nyaman di lidah, enak dikunyah, berbeda dengan gembus-gembus pada umumnya yang seringkali masih menyisakan serat-serat kasar di dalamnya…

Sedulur suka yang mana???

Posted in: Plesiran