Menyiasati Fakir Benwit, Cara Chrispederick (bukan gue)…

Posted on 22/01/2010

73


Maaf, foto di sebelah ini bukan Chrispederick melainkan Andri Nawawi (klik pada gambar), karena beliaulah yang menunjukkan kepada saya alamat sebuah add-on untuk Firefox yaitu User Agent Switcher.

Dulu sekali saya pernah melakukan aksi tipu-menipu user agent di Firefox. Awalnya sih karena ingin membuka sebuah website yang ternyata hanya ramah IE ~internet explorer~. Solusi sederhana tinggal masuk ke about:config, tambahkan string general.useragent.override menjadi -seolah-olah- menunjukkan bahwa browser Firefox yang dipakai dideteksi sebagai IE.

Baru-baru ini seusai saya menulis sedikit pengalaman selama menjadi fakir benwit, barulah tahu bahwa ternyata ekstensi Firefox ini pun bisa digunakan untuk menghemat benwit.

Caranya sangat gampang, ambil add-on user-agent-switcher > install di firefox > restart firefox > klik tools > default user agent diganti dengan user agent pilihan. Sedulur juga bisa menambah, mengedit, menghapus string-string user agent sesuai keinginan. Bisa juga mengimpor file xml yang berisi bermacam-macam string useragent untuk dimasukkan ke User Agent Switcher. Bila default user agent disetel sebagai mobile devide, misalnya Iphone, Blackberry, dan lain sebagainya, ketika membuka situs yang bisa mendeteksi browser mobile (misalnya blog ini), maka yang ditampilkan adalah tampilan versi mobile.

Silahkan mencoba!