Nanin dan Cheese Webcam Booth

Posted on 03/02/2010

59


Sebetulnya saya ~Andy MSE~ jarang sekali menggunakan webcam. Apalagi kemarin-kemarin selalu menggunakan komputer/laptop yang tidak ada webcam-nya. Akhir-akhir ini ketika saya berganti menggunakan Acer Aspire-One generasi pertama –gratisan– untuk keperluan di perjalanan, saya juga ketinggalan menginstall aplikasi untuk webcam-nya. Ketika suatu saat lupa membawa hape andalan yang sering saya gunakan untuk mengambil fotoponsel, webcam di Acer Aspire-One pun saya aktifkan. (peraga gambar di samping kiri bukan saya melainkan Rangga Abi Prayana, si tukang servis HP di Padepokan SolveWithIT-Speed)

Di Linux Mint 7 Gloria yang terpasang di Acer Aspire-One itu, cukuplah membuka terminal –tentu saja dalam keadaan tersambung ke internet– dan ketik:

sudo apt-get install cheese

Dalam beberapa saat Cheese Webcam Booth, sebuah program aplikasi kecil yang digunakan untuk mengambil gambar dan video melalui webcam sudah terinstall di Acer Aspire-One ~yang menurut istilah Nanin adalah laptop anakan~.

Tidak perlu install driver-driveran yang merepotkan seperti di jendela, langsung saja webcam bisa digunakan.

Ketika saya pulang ke rumah, Nanin yang suka pinjam laptop anakan ini untuk berlatih mengetik, ternyata senang sekali dengan Cheese Webcam Booth (Nanin akhir-akhir ini sedang rajin menghafal QWERTY).

Berikut ini aksi Nanin bermain efek-efek yang ada di Cheese Webcam Booth.

Seru dan bikin ketawa terpingkal-pingkal… (lmao)

Oh ya, kemarin Nanin banyak berkomentar di blog ini di tulisan 28 Januari, saya baru sadar bahwa blog Nanin (http://gajahgemblong.co.cc yang tak pernah diupdate) ternyata sudah expired. Sebagai pengganti, saya buatkan blog baru untuk Nanin. Barangkali setelah ngetiknya lancar mau menulis di blognya sendiri…

Posted in: Fam