Nulis di Blog, Cara Gue…

Posted on 11/03/2010

46


Sering saya berkeliling, bersilaturahmi, bertemu dengan blogger-blogger (baik pemula maupun senior), sering pula saya mendapatkan pertanyaan, kebanyakan dari blogger pemula, ~kalau saya nggak bisa menjawab, gantian akan saya tanyakan kepada blogger senior~. Pertanyaan yang paling sering adalah; “Bagaimana Andy Kecakot ini bisa banyak menulis di blognya?”…

Jujur saja, saya bukan penulis yang baik, saya juga tidak mempunyai kemampuan berbahasa yang baik. Produktivitas ngeblog saya juga biasa-biasa saja. Beberapa bulan terakhir ini bisa sehari sekali, atau dua-tiga hari sekali ada tulisan baru. Kalau dihitung, total yang tersimpan sampai saat ini sudah lebih dari 450 tulisan. Kalau dirata-rata, sejak tercatat menulis di blog (Desember 2007) sampai sekarang rata-rata ada 17 tulisan setiap bulan, atau kira-kira satu tulisan setiap dua hari. Walaupun sudah sebegitu banyak, tulisan-tulisan saya jauh dari berkualitas. Tapi berhubung blog ini adalah media pribadi dimana saya bebas menulis apa saja, saya pun bisa menulis dengan bebas. Tidak tergantung tenggat karena ini bukan portal berita, tidak tergantung tema karena ini bukan blog yang spesifik temanya. Beberapa kawan yang berminat ngeblog yang saya temui banyak yang berkeinginan menulis sesuatu yang spesifik atau berusaha memunculkan karakteristik diri. Menurut saya, itu akan muncul dengan sendirinya.

Mungkin dalam soal ngeblog, mengisi dengan tema tertentu akan lebih baik. Tapi tidak mesti bisa dilakukan setiap orang. Menjadi segalanya (istilah saya adalah hangabehi = kabeh diayahi) juga tidak mesti baik, karena membatasi diri pada sesuatu bisa jadi malah menghambat diri sendiri.

Cara gue… Cara saya menulisi blog ini justru membebaskan diri dari kungkungan itu. Karena ini media pribadi yang kaya akan warna, ya saya tumpahkan segala warna yang ada pada diri saya… Dengan begitu, saya benar-benar menjadi diri saya sendiri (walaupun dengan begini tidak selalu cocok dengan orang lain)…

Sudahlah… Nggak usah dibahas lagi!

Saya hanya ingin berbagi oleh-oleh karena baru-baru ini saya mendapatkan pencerahan saat mengikuti Amprokan Blogger 2010 yang diadakan oleh Blogger Bekasi. Sebuah pengkategorian gaya posting yang menarik oleh Romi Satria Wahono, seorang blogger kelas berat (taksiran saya sekitaran 100kg dan bulet saking ndutnya) yang menjadi narasumber dalam Seminar Interaktif Amprokan Blogger 2010.

Ada 20 gaya posting blog disertai perkiraan maksimal post per minggu (1,2,3,4,5+), popularitas (1-5), dan tingkat kesulitan (mudah, sedang, sulit).

Ke dua puluh gaya posting blog itu adalah: Insight Blogging, Ambition Blogging, PiggyBack Blogging, Life Blogging, Brand Blogging, Detractor Blogging, Annoucement Blogging, Link Blogging, Video Blogging, Photo Blogging, Review Blogging, Evangelist Blogging, List Blogging, Survey Blogging, Repost Blogging, Guest Blogging, Interview Blogging, Event Blogging, Live Blogging, Classified Blogging.

Sependek yang saya tahu dan sepanjang yang saya punya, gaya saya ternyata bukan salah satu dari gaya yang dipaparkan oleh Romi, namun sepertinya beberapa gaya sekaligus ada pada diri saya. Pokoknya campur-baur gitu loh! Ingin lebih jelas soal gaya posting blog yang dipaparkan RSW (Romi Satria Wahono)??? Silahkan langsung ke sana (click here)…

Kira-kira gaya posting sedulur termasuk gaya apa ya??? (thinking)

Yeach… Apapun itu, tidak ada yang paling benar, tidak ada yang keliru dan tidak perlu menjadi ini itu… Jadilah diri anda sendiri!!!… Itu pasti yang terbaik…

Tulisan ini merupakan oleh-oleh dari Amprokan Blogger Bekasi 2010 | Bekasi Bersih Partisipasi Blogger

Posted in: Cangkrukan