Ketika Sony Digugat Sony

Posted on 13/03/2010

47


dan Ribut Ribet Soal Nama Domain

Ops… sebetulnya belum sampai tahap digugat, baru disomasi dowang.

Gara-garanya, ketika seorang blogger Indonesia bernama Sony Arianto Kurniawan yang ngeblog di www.sony-ak.com disomasi oleh Sony Corp, raksasa elektronik dari Jepang, karena nama domain yang digunakan mempunyai kemiripan.

Ribut dan ribet, karena kedua pihak mempunyai kepentingan yang sah atas nama tersebut. Yang satu karena memiliki hak atas merek dagang, yang satunya lagi karena memang namanya Sony.

Sependek yang saya tahu dan sepanjang yang saya punya, karena dua-duanya mempunyai kepentingan yang sah, tentunya akan sulit sekali dilakukan gugat-menggugat. Apalagi keduanya tidak berada pada jalur yang sama. Yang satunya ada di jalur bisnis, satunya lagi berbagi ilmu. Sama halnya, maskapai penerbangan Garuda selama ini tidak pernah keberatan atas keberadaan Kacang Garuda. Burung Garuda sendiri juga tidak pernah protes sama sekali ketika namanya digunakan sebagai Lambang Negara Indonesia.

Sebagai sesama blogger (saya sendiri adalah blogger nasional cap kipas angin), saya tetap membela Sony Arianto Kurniawan untuk tetap menggunakan http://www.sony-ak.com yang telah dikelolanya sejak tahun 2003. Wah… Sudah lama begitu kenapa baru diributkan sekarang??? Kenapa juga Sony Corp juga tidak meributkan celana dalam bermerek RicSony??? (thinking)

Namun, bagi saya pribadi, peristiwa ribut dan ribet itu justru memberi pelajaran kepada diri saya pribadi untuk urusan nama domain. Sebagai pribadi, saya lebih cenderung menggunakan .info atau .web.id. Pastinya, pada awal dikenalkannya ekstensi domain yang digunakan untuk situs web, peruntukannya sudah diatur sedemikian rupa. Domain berekstensi .com pasti peruntukannya lain dengan .org, .net, .info, dan lain sebagainya. Untuk ekstensi domain di Indonesia, lagi-lagi sependek yang saya tahu dan sepanjang yang saya punya, .co.id digunakan untuk badan usaha, .or.id untuk organisasi, .go.id digunakan oleh badan-badan di pemerintahan, .sch.id digunakan untuk sekolah, .ac.id digunakan untuk perguruan tinggi, .web.id digunakan untuk pribadi, dan lain sebagainya.

Sayangnya, sepertinya banyak sekali yang sudah tidak dipatuhi…  Tapi bagaimanapun juga, sekali lagi, saya, blogger nasional cap kipas angin ini tetap membela Sony Arianto Kurniawan. Bagaimana dengan sedulur sekalian???

Catatan Andy MSE:

  • Sumber informasi: Detik.Com
  • Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. (wikipedia).