Tonggeret

Posted on 23/03/2010

64


Sore yang cerah berawan di penghujung musim hujan yang masih basah ini, saya bersepedamotor melewati jalan beraspal di pedesaan, menyisir kebun, sawah, hutan rakyat dan perkebunan…

Permainan musik dimulai…

Burung-burung menjerit-jerit ribut pulang ke sarang, jengkerik mengerik, kodok dan katak di sawah atau di kubangan sisa air hujan ramai ber-kwangkwingkwong, seranggga-serangga kecil mendengung dan menguing terkadang mampir di mata bilamana helm terbuka kacanya.

Yang paling menghebohkan adalah tonggeret yang suaranya bisa puluhan bahkan ratusan desibel. Rasanya tidak ada serangga yang mampu mengalahkan kemampuan akustik si tonggeret alias jenggeret aka cicada itu. Di daerahmu namanya apa???

Di Indonesia ~setidaknya sependek yang saya tahu dan sepanjang yang saya punya~ kebanyakan berwarna hijau, kadang ada yang kehitaman atau kecoklatan. Namun, serangga yang sebarannya mulai dari daerah tropis sampai sub tropis ini ternyata bermacam jenis. Lebih dari 3000 jenis telah diidentifikasi (gambar di atas diambil dari pencarian Google).

Ya… Tonggeret ~Kerajaan: Animalia, Filum: Arthropoda, Kelas: Serangga, Ordo: Hemiptera, Upaordo: Auchenorrhyncha, Infraordo: Cicadomorpha, Superfamili: Cicadoidea, Famili: Cicadidae (wikipedia)~ memang istimewa. Tubuhnya besar, kuat, dan sayapnya yang tipis kaku kuat, sangat istimewa karena gesekannya bisa menghasilkan suara yang dahsyat, tak kalah dengan speaker full-range buatan pabrik.

Sungguh keindahan alam ternyata tidak hanya bisa dinikmati dengan mata. Semua indera termasuk telinga pun bisa menikmatinya…

Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan???

Posted in: Sundries