Ubuntu Linux 10.04 LTS (Lucid Lynx)

Posted on 29/04/2010

72


…dan Selamat Tinggal Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex

Hari ini (29/04/2010) adalah jadwal rilis Ubuntu terbaru yaitu Ubuntu 10.04 yang diberi nama Lucid Lynx.

Ini adalah versi LTS (Long Term Support) setelah versi LTS sebelumnya yaitu Ubuntu 8.04 Hardy Heron dan  Ubuntu 6.06 Dapper Drake. Walaupun sudah ada rilis LTS terbaru, dukungan untuk versi LTS terdahulu masih tetap dipertahankan. Untuk 6.06 Dapper Drake (server), dukungan masih berlanjut sampai dengan  sampai dengan Juni 2011, sedang kan untuk 8.04 Hardy Heron dukungan masih berlanjut sampai dengan April 2011 (desktop) dan April 2013 (server).

Ubuntu 8.04 Hardy Heron bergambar burung bangau itu adalah jatuh cinta saya yang pertama kepada Ubuntu. Ini adalah Ubuntu pertama yang saya minta gratisan dari Shipit Ubuntu. Walaupun sebelumnya sempat melirik Feisty Fawn dan Gutsy Gibbon, waktu itu saya adalah pengguna Mandriva Spring 2007 dan Windows. Namun, Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex yang datang sesudahnya adalah Ubuntu pertama saya yang diinstall sendirian di komputer yang saya gunakan. Sebelumnya selalu saja dualboot berdampingan dengan Windows karena tuntutan kebutuhan khusus akan aplikasi keuangan yang ditetapkan dari atasan.

Si kambing liar Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex juga Ubuntu pertama saya yang intensif saya digunakan untuk berinternet dialup menggunakan WVdial. Pada saat itu saya mulai mengurangi sedikit demi sedikit penggunaan akses internet kantor untuk keperluan pribadi, sehingga saya memutuskan untuk mempunyai akses internet mandiri.

Sayangnya, Intrepid Ibex itu juga merupakan versi Ubuntu yang terakhir yang masih menyertakan WVdial. Ubuntu versi selanjutnya yaitu Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope, Ubuntu 9.10 Karmic Koala, dan yang terbaru Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx sudah tidak menyertakan WVdial dan mau tidak mau bilamana ingin menggunakannya harus diinstall sendiri. No problemo!!!…

Oops… kenapa saya malah cerita soal Intrepid Ibex ya???

Hehehe… sebetulnya ini hanya ucapan selamat tinggal kepada Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex karena besok (30/04/2010), sehari setelah dirilisnya Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, pihak Ubuntu tidak lagi melanjutkan dukungan untuk Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex yang telah dirilis sejak 30 Oktober 2008.

Mengenai Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx sendiri, saya tidak terburu-buru untuk mendapatkannya karena beberapa hari lalu saya sudah mencoba Ubuntu 10.04 Release Candidate.

Berikut ini sekilas kesan saya:

  • Tampilan semakin oke, panel yang berwarna hitam sesuai dengan kesukaan saya. Sayangnya, desktop wallpaper bawaannya sama sekali tidak saya sukai sehingga saya memilih untuk menggunakan satu warna ungu ciri khas Lucid Lynx. Lagian, desktop dipermak macem-macem juga nggak kelihatan kalau sedang menjalankan aplikasi yang menutup seluruh monitor. Saya lebih suka mengoptimalkan panel yang ada.
  • Menu window (minimize – maximize – close window) yang pada versi sebelumnya selalu di sebelah kanan sekarang dipindah ke sebelah kiri. Ini mengingatkan ketika saya masih suka melakukan permak desktop dan menggantinya dengan MacLook, menu windows itu ada di sebelah kiri. Tentunya, bagi pengguna MacOS, hal ini membuat semakin nyaman saja ketika menggunakan Ubuntu terbaru.
  • Aplikasi graphics tidak lagi menyertakan GIMP, entah nanti pada final release-nya.
  • Aplikasi Internet masih sama dengan versi sebelumnya, namun sudah menggunakan Firefox 3.6.3. Ada tambahan aplikasi yaitu gwibber social media client yang bisa dengan cepat menghubungkan ke beberapa sosial media di antaranya Twitter dan Facebook. Sayangnya Plurk nggak ada…😦
  • Aplikasi Office menggunakan OpenOffice 3.2 dari Oracle.
  • Aplikasi sound dan video mendapat tambahan Pitivi Video Editor.
  • Seperti versi sebelumnya, Ubuntu One juga sudah terintegrasi pada 10.04

Yang membuat saya tidak habis pikir adalah hilangnya GIMP… Semoga di final release tetap ada. Mungkin juga, hal ini terkait dengan kebijakan satu CD installer yang selama ini ditetapkan pihak Ubuntu dan belum berubah. Jadinya ketika operating system sudah membengkak sedemikian besar, terpaksa banyak hal akan dipangkas.

Iseng, ketika saya cek ukuran keseluruhan file system exclude home, ternyata mencapai 2.5GB, jauh lebih besar dibandingkan Karmic saya yang kurang dari 2GB. Tentunya besarnya ukuran ini tergantung pada banyaknya aplikasi yang terinstall. Namun, Karmic saya yang polosan tak terlalu banyak aplikasi tambahan sepertinya cukup layak dijadikan pembanding.

Yeach… Bagi penyuka Ubuntu, silahkan menikmati rilis terbaru Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx. Tapi, jangan buru-buru ngeklik gambar download di bawah ini… Play safe aja deh! Tunggu beberapa jam lagi sampai resmi ada Final Release…

Update:

Ternyata, sejak lebih dari dua jam lalu, sudah bisa didownload di:  http://cdimage.ubuntu.com/daily-live/current/… Dipersilahken!!!…

Kepada mas Riyogarta, terimakasih informasinya!

Update:

Final Release (30/04/2010) sudah tersedia di situs resmi…