Menyuntikkan Netbook Remix di Ubuntu

Posted on 24/05/2010

45


Pengguna netbook rupanya sudah dimanjakan oleh Ubuntu yang secara khusus menerbitkan Ubuntu Netbook Edition.

Bila sedulur pengguna netbook namun sudah kadhung –atau hanya– punya Ubuntu versi biasa yang ber-Gnome, tidak sulit untuk mengubah penampilan menjadi netbook remix.

Pada prinsipnya sama saja dengan cara menyuntikkan desktop environment lain ke Ubuntu. Untuk menyuntikkan LXDE dan XFCE sudah saya ceritakan pada tulisan tersendiri.  Cara gampangnya, baik untuk menyuntikkan desktop evironment KDE, XFCE, LXDE maupun Netbook-Remix bisa melalui Synaptic Package Manager.

Untuk mempermudah, gunakan fitur pencarian. Cari “Kubuntu” untuk KDE, “Xubuntu” untuk XFCE, “Lubuntu” untuk LXDE, dan “ubuntu-netbook-remix” untuk menambahkan desktop environment yang sedulur sukai. Tentunya sedulur harus terhubung ke internet. Kalau sudah ketemu, lihat keterangan di belakangnya. Bila menunjukkan desktop environment, klik saja dan “mark for installation”. Nantinya file-file lain yang dibutuhkan akan ikut diinstall bila user menyetujuinya.

Netbook-Remix ukurannya tidak besar, hanya belasan mega saja yang perlu didownload dan setelah instalasi akan menambah beberapa puluh mega saja, tidak sampai seratus. Enteng kan?

Setelah terinstall, silahkan logout dan login kembali dengan pemilihan session netbook-remix. Gampang kan? Siapa bilang pakai Linux itu susah??? Sumpah, nggak susah!!!… (nyengir)

Oh ya… Dulu saya pernah menikmati tampilan netbook remix sewaktu menginstall Easy Peasy yang dikembangkan oleh komunitas dan bukan merupakan versi resmi dari Ubuntu. Dan ini skrinsut netbook-remix versi resmi yang saya suntikkan di Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx melalui synaptic package manager. Skrinsut saya ambil siang tadi (24/05/2010) di Acer Aspire One (Acerwan) jadul yang saya gunakan.

Maaf, tampilannya kaku sesuai selera saya. Tapi bila sedulur ingin melihat contoh tampilan yang lebih menarik, silahkan menuju ke blog Andi Felani… Bedanya, di sini diterapkan di layar ukuran sembilan kurang nol koma sekian inci ber-resolusi 1024 x 600, sedangkan di sana menggunakan layar ukuran 12 inci.

(woot) yang satu andy, satunya lagi andi… kompak ni yeee!!!…