Mount-Unmount Flashdisk di Ubuntu

Posted on 27/05/2010

23


Koq ndak biza???

Demikian pertanyaan seorang kawan melalui chat…

“Ah, bisa aja!” jawab saya. “Kalau saya bisa, kamu juga bisa! Nggak mungkin nggak bisa lah!”

“Tetep ga biza! Bizany eject dan safely remove drive doang! Pdhl q mau disk utility nich!” tulis dia lagi di chat…

“Kog errar-error mulu sich! Nich kalo ga caya!”

Ternyata kasusnya seperti ini:

Berikut ini dilihat dari Desktop >>

Dan ini ketika masuk ke File Browser >>

Nggak ada  unmount-nya kan??? Padahal kalau tidak bisa di-unmount, tentu saja tidak bisa dilakukan aktivitas-aktifitas terhadap flashdisk tersebut melalui Disk Utility, misalnya mengganti label, format, pemartisian, dan lain sebagainya.

“Coba lihat dengan mode tree, pasti bisa!”

Kasus serupa terjadi di Ubuntu Lucid Lynx dan turunannya termasuk Linux Mint  Isadora saat menggunakan GNOME –saya belum meneliti ulang apakah  ketika menggunakan desktop environment lain juga mengalami hal yang sama-. Tidak hanya flashdisk, melainkan juga media penyimpan eksternal lainnya. Di Acerwan yang saya pakai hanya expansion storage berupa kartu SD yang tidak mengalami kejadian serupa.

Mohon maaf, pada teman saya yang baru saja belajar Linux itu saya berhati-hati dan memilih untuk tidak menggunakan terminal, melainkan melalui GUI –Graphical User Interface– saja semata-mata untuk menunjukkan bahwa Linux itu mudah… Nyatanya memang mudah! Sumpah!

Oh ya, pertama kali pakai Lucid Lynx saya juga bingung. (blush)

Thanks to Irfan Gundul…