Install Menu Alternatif untuk Ubuntu: Cardapio

Posted on 01/07/2010

39


Install Menu Linux Mint di Ubuntu, sudah!… Menu Mint di Fedora, sudah!… GnoMenu di Ubuntu, sudah!…

Barangkali masih ada yang belum puas dengan aneka pilihan menu untuk Gnome yang bisa disuntikkan di Ubuntu atau yang lain???

Masih ada Cardapio lho! Dan yang ini sudah tersedia di PPA.

Cara installnya seperti biasa mengikuti cara sederhana yaitu K-U-P; minta Kunci > Update > Pasang (tentunya dalam keadaan tersambung ke internet).

Mantra pertama:

sudo add-apt-repository ppa:tvst-hotmail/cardapio

Mantra kedua:

sudo apt-get update

Mantra ketiga:

sudo apt-get install cardapio

Seperti waktu pasang GnoMenu seperti yang telah saya ceritakan kemarin, mantra-mantra itu juga bisa digabung. Simpel saja, sisipi karakter && di antara mantra-mantra itu agar bisa sekaligus dikerjakan berurutan oleh Ubuntu. Barangkali pula ada yang Ubuntunya jarang diupdate (seperti saya yang keseringan fakir benwit), atau yang Ubuntunya belum terpasang python-keybinder sebelum sudo apt-get install cardapio, pasang dulu python-keybinder dengan mantra:

sudo apt-get install python-keybinder

Kalau mantranya sejenis dan mau digabung, nggak usah pakai &&, cukup sisipi dengan spasi saja! (dance)

Nih, saya pameri skrinsutnya dulu!!!…

Cara pakainya juga gampang. Pada bagian kiri, klik menu (defaultnya berlogo dan bertuliskan Ubuntu) > ada deretan grup menu, sedangkan di bagian kanan adalah anakannya (submenu/shorcut/item). Cukup klik pada grup menu dan pilih anakannya. Kalau pada grup menu dipilih ALL (biasanya tampilan standarnya menunjukkan “all”), tinggal arahkan kursor ke kanan dan scroll ke bawah untuk mencari aplikasi yang diinginkan.

Istilahe lucu ya! kok anakan sih?… (thinking)  Yo bwen, ini istilah saya sendiri!!!… (rofl)

Nah, kalau ada anakan yang disukai, bisa ditampilkan di depan dengan klik kanan > pin this item atau add to side pane. Kalau dipilih pin this item, masuknya di menu Pinned Items, kalau pilihnya add to side pane masuknya ke bagian bawah kiri. Tinggal pilih manasuka!

Namun, barangkali yang suka menghias-hias Linux-nya kurang menyukai Cardapio ini karena hampir setara dengan Menu Mint, ini termasuk menu yang sederhana. Kustomisasinya juga terbatas banget. Silahkan sedulur meniliknya dengan klik kanan pada menu > Properties untuk mengganti logo dan tulisan Ubuntu, serta mengatur plugin-pluginnya…

Sedulur ada yang pernah pakai Cardapio???

Maaf, berhubung saya masih pemula, bila sedulur punya menu lain, kasih tahu saya untuk saya coba di sini! 🙂   (worship)

UPDATE:
Irfan Hanafi: saat ini PPA untuk Cardapio diganti menjadi :
sudo add-apt-repository ppa:cardapio-team/unstable, silahkan cek link berikut: https://launchpad.net/cardapio