Geger Genjik Es Greenland Mencair

Posted on 14/08/2010

39


STOCKHOLM, KOMPAS.com — Sebuah pulau es seluas 260 km2, lima kali luas Jakarta Pusat, yang lepas dari gletser Petermann, Greenland, melintasi Lautan Arctic, Rabu (11/8/2010). Bisa dibayangkan, apabila seluruh es Greenland mencair, bisa menaikkan permukaan air dunia 6 meter. Jakarta Utara bisa tenggelam jika permukaan laut naik 2-3 meter. Kamis, 12 Agustus 2010 | 10:01 WIB

Tenang coy! Kalaupun air laut naik, yang tenggelam duluan orang sana, bukan orang sini… Bisa jadi, orang sini ada yang seneng karena bisa sedikit bersihin lumpur… (haha) Geger genjik mencairnya es Greenland bahkan sudah sampai ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Kekhawatiran akan itu merebak dan menimbulkan ketakutan bilamana tempat tinggalnya ditenggelamkan air laut yang pasang.

Tak usah khawatir… Bilamana iya, terima saja dengan ikhlas karena itu adalah perilaku alam…

Bumi ini mungkin sudah berumur jutaan tahun dan akan bertahan mungkin jutaan tahun lagi. Manusia tidak bisa apa-apa kecuali mengamati dan mensiasati saja… Manusia tidak perlu sok melestarikan alam, sok konservasi, sok cinta alam dan lain sebagainya. Yang harus dilakukan adalah mengubah perilaku dari tidak hormat kepada alam menjadi hormat kepada alam.

Pungutlah, ambillah, manfaatkanlah, tapi jangan merusak atau mengeksploitasi berlebihan karena itu berarti tidak menghormati alam.

Banyak perilaku tidak hormat kepada alam yang terjadi sekarang. Padahal dulu bumi, tanah, air, dan alam seisinya dianggap ibu bagi manusia. Selalu memberi tanpa pamrih, menerima dengan ikhlas, tidak pandang bulu.

Tiba-tiba saya teringat firman Allah dalam Al Qur’an surat Ar-Ra’du (13:11)

Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya…

Bagi saya, itu bisa bermakna positif maupun negatif. Positifnya bermakna motivasi agar manusia selalu berusaha untuk sesuatu yang lebih baik. Bilamana ada usaha, InsyaAllah nasib pun akan berubah menjadi lebih baik. Negatifnya bermakna peringatan bilamana manusia berbuat sesuatu yang buruk, maka nasib diri sendiri pun akan berubah menjadi lebih buruk karena ulah mereka sendiri…

Mari kita tingkatkan amal ibadah di Bulan Suci Ramadhan…🙂

Posted in: Catatan Sela