Install MEDUSA4 Personal -Free 2D/3D CAD- di Linux Mint

Posted on 03/01/2011

38


Beberapa hari lalu di tahun lalu (2010) berkunjunglah ke Internet For Kids serombongan pelajar sebuah SMKN di Solo. Mereka bermaksud belajar CAD (Computer Aided Design), aplikasi olah gambar tiga dimensi yang biasa digunakan untuk rancang bangun berbagai macam hal misalnya layout pabrik, bangunan, sampai desain alat-alat elektronik, mesin, dan lain sebagainya. Mereka menanyakan apakah di Internet For Kids ada AutoCad? Jawabnya tentu saja tidak ada, karena aplikasi itu sangat mahal sekali. Lagi pula system requirement yg dibutuhkan untuk menjalankan AutoCad bukan dalam platform Linux seperti yg dipakai di Internet For Kids.

Silahkan simak status twitter Internet For Kids -@internet4kids- di tweet ini sampai tweet ini.

Yang mengherankan, mengapa di sekolahnya yang diajarkan adalah AutoCad yang mahal itu? Mengapa tidak memilih saja aplikasi yang multi platform ya? Ah… Bisa jadi karena aplikasi itu yang termasuk paling populer di urusan 3D Modelling. Blender tidak masuk hitungan karena walaupun canggih tapi masih dalam kelas sederhana dan lebih cocok digunakan untuk olah animasi.

Karena Internet For Kids tidak punya AutoCad sedangkan keinginan untuk membantu siswa-siswa SMK itu cukup menggairahkan, ditawarkanlah untuk menggunakan aplikasi sejenis misalnya Pro/Engineer, ProgeCad, DoubleCad dan Medusa4. Memang sih, aplikasi-aplikasi rancang bangun yang canggih-canggih itu sangat jarang yang opensource, namun untuk keperluan edukasi dan personal ada yang menyediakan versi trial atau free.

Alih-alih rikues AutoCad Trial atau versi student yang tetap saja agak merepotkan karena harus dijalankan melalui emulator, Internet For Kids yang komputernya semua ber-Linux lebih memilih rikues DoubleCad dan Medusa4. Kali ini yang dicoba terlebih dahulu adalah Medusa4 yang selain bisa diinstall di Linux juga bisa diinstall di platform lain.

Di situs resminya di Cad-Schroer sudah dijelaskan prosedur mulai dari rikues sampai dengan instalasinya, namun pengalaman  masing-masing pengguna bisa jadi berbeda. Oleh karena itu KECaKOT tetap berbagi step-by-step install Medusa4 Personal yang dijalankan menggunakan Linux Mint 10, sebagai berikut: (cara instalasi ini similar untuk digunakan di Debian/Ubuntu dan turunannya)

Sebelum menginstall Medusa, install CSH terlebih dahulu karena dibutuhkan untuk mengeksekusi file installer ber-ekstensi .sh yang akan di-download. Caranya ketikkan di terminal sudo apt-get install csh.

Selanjutnya, download file installer untuk Linux di situs resminya. Besar file-nya adalah 227.7MB.

Agar file download itu bisa diinstal, sebelumnya harus mengajukan rikues lisensi dimana untuk keperluan personal diberikan secara gratis dan berlaku selama 6 (enam) bulan. Setelah masa berlakunya selesai bisa diajukan pembaruan kembali. Syarat pengajuan lisensi gratis ini dengan mengisi form yang telah disediakan. Untuk keperluan itu yang paling penting adalah pengisian alamat fisik komputer yang akan digunakan untuk menjalankan Medusa4. Di Linux, alamat fisik (MAC address) ini bisa ditilik melalui terminal dengan mengetikkan ifconfig -a.

Lisensi gratis untuk keperluan personal akan dikirimkan melalui email berupa file berekstensi .lic. Download saja dan simpan!

Setelah semua kebutuhan tersedia, instalasi dapat dilakukan. Buka terminal dan eksekusi file installer dengan mengetikkan sudo sh medusa4_v4_0_0_linux_personal.sh untuk menjalankan CSG Installation Wizard. Ikuti sampai selesai dan berikut ini skrinsutnya:

Bilamana terjadi error pada saat mengeksekusi file installer, silahkan ditilik log file-nya untuk mengetahui kesalahan yang terjadi. Saran dari situs resminya, file installer diletakkan di direktori /opt/medusa_V4_0_0.

Bilamana instalasi berjalan lancar, akan terbuka jendela baru untuk memilih bahasa yang digunakan untuk instalasi.

Sangat disarankan untuk tidak asal nge-klik accept license agreement sebelum membaca seluruhnya dengan seksama

Pilih bahasa yang akan digunakan untuk aplikasi. Sayang sekali belum tersedia Bahasa Indonesia.

Instalasi tidak akan dilanjutkan sebelum memiliki lisensi

Bila sudah punya ya tinggal masukkan saja...😀

Browser path harus ditunjukkan di sini untuk keperluan sewaktu-waktu Medusa berhubungan dengan internet menggunakan browser.

Setelah semua prasyarat terpenuhi, instalasi yang sebenarnya pun bisa dimulai.

Tunggu proses instalasinya sampai selesai. Ini tidak memakan waktu kok!

Setelah proses instalasi selesai, klik finish untuk menutup jendela instalasi

Di Linux Mint, aplikasi ini akan diletakkan di "Other". Klik saja dan dua jendela pembuka.

Medua 4 Personal sekarang sudah bisa digunakan. Cara pengoperasiannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi CAD lainnya... Selamat berkreasi!!!...

Yeach… Akhirnya bisa juga membantu siswa-siswa SMK yang ingin belajar CAD di Internet For Kids… (yahoo)