Dengung

Posted on 09/01/2011

15


Nnnnggggg…. nnnggg… nngg… ng… Ada kumbang terbang. Bunyinya mendengung.

Ngguuuuuuuungggggg…. Di angkasa, di kejauhan ada pesawat terbang. Bunyi mesinnya terdengar seperti dengungan.

Saat nonton pertandingan sepakbola, banyak di antara para supporter beramai-ramai meniup terompet vuvuzela. Dengungnya memekakkan telinga.

Bunyi dengung sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Ada yang mengganggu ada yang  tidak. Ada juga dengung yang seringkali tidak disadari karena dengungnya lemah, hampir tak terdengar.

Dulu, ketika saya masih anak-anak dan tinggal di desa, dengung-dengung yang terdengar kebanyakan hanya dari alam saja. Belum ada listrik PLN sehingga hanya sesekali saja mendengar dengung lain dari peralatan elektronik, mesin-mesin, dan lain sebagainya. Pernah suatu ketika di saat libur dan berkunjung menginap beberapa hari di rumah famili yang tinggal di kota, selalu saja susah tidur di malam hari. Dengungan kulkas, kipas angin, juga trafo-trafo lampu neon terasa sangat mengganggu telinga anak desa ini di menjelang tidur. Pun seringkali terbangun tengah malam karena tak tahan dengungan.

Sekarang, listrik sudah ada di mana-mana. Dengungan-dengungan itu banyak yang hampir-hampir tidak terasa. Banyak juga yang masih tetap mengganggu, dan semakin banyak dengungan yang mengganggu.

Menghilangkan gangguan dengung sangatlah susah. Apalagi dengung yang ada di sound system. Bisa-bisa maksud hati menghilangkan dengung, akan tetapi suara-suara pada frekuensi tertentu yang seharusnya layak didengarkan ikut tak terdengar.

Kira-kira di dunia online urusan menghilangkan dengung yang mengganggu  ini miriplah dengan urusan blokir-memblokir situs tidak baik. Salah cara bisa-bisa situs biasa ikut terkena. Dibiarkan saja semakin lama semakin mengganggu saja. Harus ada cara yang tepat untuk mengatasinya, salah satunya dengan kesadaran kita.

Adakah sedulur yang seringkali merasa terganggu dengan suara dengung?

Tulisan ini hanyalah ungkapan kebosanan oleh dengung di timeline twitter terkait urusan blokir-memblokir…


Posted in: Aeng-aeng