Install Printer Canon di Internet For Kids

Posted on 27/01/2011

16


Sumpah, ini hal biasa saja.

Ceritanya, Internet For Kids mendapat bantuan sebuah printer  Canon iP1980 bekas pakai tapi masih cukup bagus… Sebetulnya beberapa waktu lalu sudah mempunyai printer yang sangat bagus yang telah dibeli oleh pengembang Internet For Kids, namun printer bagus itu digunakan untuk unit usaha lain yang lebih cepat menghasilkan. Toh nanti hasilnya juga digunakan untuk pengembangan Internet For Kids.😀

Nah… Karena di Internet For Kids menggunakan LinuxMint, tentunya tidak bisa diinstall driver bawaannya yang tersedia untuk Windows saja. Itu bukan hal yang sulit karena Empu Linux sudah menunjukkan caranya. Silahkan menyimak di sana, tapi tetap saya ceritakan sedikit di sini:

Drivernya bisa diambil di Canon-Europe, terdiri dari satu file .tar yang bila diekstrak berisi dua file yaitu:

  1. cnijfilter-common_3.00-1_i386.deb dan
  2. cnijfilter-ip1900series_3.00-1_i386.deb

Install satu per satu (tinggal klik menggunakan GDebi Package Installer) dimulai dari yang pertama.

Oops… Ternyata nggak bisa. Rupanya di tulisan ber-angka tahun 2009 itu dicoba di Ubuntu/LinuxMint versi terdahulu (maklum tulisan empu). Ketika diinstall di Linux Mint 10, ada file dependensi yaitu libcupsys2 yang tidak ditemukan. Di synaptic pun tidak ada karena di Ubuntu/LinuxMint terbaru, file itu sudah diganti dengan libcups2 untuk keperluan terkini. Printer Canon iP1980 yang termasuk jadul itu tentunya tidak bisa menggunakan libcups2.

Atas petunjuk Dewa Linux dari Timur, didapatkanlah file dari ubuntu.com. Langsung saja ambil file libcupsys2 yang terbaru dan install!

Klik kanan pada ikon iP1900-series > properties > lakukan setting dan lain-lain sesuai kebutuhan, serta Test Print Page bila perlu.

Bersambung ke Sharing Printer di LinuxMint >>